Di website ini cukup banyak artikel terkait safety shoes, antara lain dapat di cari dengan judul: apa itu safety shoes, disain & material safety shoesperaturan/perundangan dan standar safety shoesfungsi dan manfaat safety shoes, pengujian safety shoescerita lucu safety shoes, apa perlu merawat safety shoes? dan ramburambu terkait safety shoes.


 

shoes dirty1Sudah 28 tahun melanglang buana dari satu proyek konstruksi ke proyek konstruksi lainnya. Karena proyek konstruksi ini maka saya dapat kesempatan mengalami singgah dan menetap dalam kurun waktu dari sekitar enam bulan hingga tiga tahun di tanah orang.

Selama bertahun-tahun turut serta dalam penyelesaian proyek konstruksi, ada selingan ringan yang terkumpul yaitu seberapa jauh kepedulian orang-orang proyek memperhatikan dan merawat kebersihan safety shoes yang mereka pakai.

Secara de facto maksimal hanya sekitar 10 persen saja orang proyek yang benar-benar memperhatikan kebersihan safety shoes-nya, yang 90 persennya: malas!

Kenapa orang-orang proyek itu malas membersihkan safety shoes-nya? Padahal mereka tahu bagaimana cara dan manfaat merawat safety shoes.

Mereka itu tidak sekedar tahu bagaimana cara dan manfaat merawat safety shoes, tapi mereka itupun pandai mengatakan pada khalayak di komunitasnya bagaiama cara dan manfaat merawat safety shoes. Mereka nato – no action talk only alias omdo – omong doang!

Apakah semua orang proyek begitu, tidak peduli dengan kebersihan safety shoes-nya? Tidak juga. Seperti dikatakan di judul diatas, maksimal 10 persen orang proyek tidak malas merawat safety shoes-nya.

Berdasarkan pengamatan yang dis-kontinyu bertahun-tahun dari satu proyek ke proyek lainnya, orang proyek yang 10 persen ini memiliki sebab atau alasan sendiri kenapa mereka kerap merawat safety shoes secara teratur.

Apakah yang  kerap merawat safety shoes secara teratur itu dari kalangan terdidik, dengan background education yang baik? Tidak juga. Dari kalangan pekerja pun bisa mencapai 50 persen dari angka 10 persen tersebut diatas, karena rasa ‘malas’ bisa hinggap pada siapa saja.

Lantas faktor apa yang menyebabkan mereka tetap konsisten secara teratur merawat safety shoes-nya?

Salah satu alasan mereka rajin merawat safety shoes karena mereka tahu betul sangat berhubungan dengan kebersihan dan kesehatan safety shoes itu. Itu salah satu alasan. Alasan lainnya apa?

Berikut adalah alasan-alasan yang mendasari kenapa mereka orang-orang proyek yang termasuk 10 persen itu rajin merawat safety shoes-nya. Saya ungkapkan alasan-alasan mereka yang 10 persen dalam bentuk itemization sesuai urutan jumlah terbanyak. Alasan-alasan mereka itu saya simpulkan dari jawaban saat tanya jawab di suatu obrolan rileks yang saya lakukan secara acak dan tidak direncanakan sebelumnya.

shoes rawat1Untuk pembaca tahu saja, mereka para pemberi alasan dalam obrolan rileks itu kesemuanya disampaikan dengan rileks juga. Artinya, mereka cenderung lepas alias ‘ceplas-ceplos’ dalam mengungkapkannya. Bermacam ekpresi wajah saat mereka memberikan alasan, dari yang malu-malu sambil diselingi tawa simpul hingga jawaban mantap dengan memperhitungkan untung rugi.

Nah, berikut adalah alasan-alasan jujur mereka yang tanpa ada rahasia, kenapa mereka konsisten merawat safety shoes-nya:

  1. Safety shoes pembagian dari proyek saya simpan. Yang saya pakai ini milik saya pribadi, dibeli dengan harga tinggi, jadi harus saya rawat.
  2. Safety shoes pembagian dari proyek saya simpan. Yang saya pakai ini milik saya pribadi. Safety shoes pembagian dari proyek akan saya pakai di proyek berikutnya.
  3. Safety shoes pembagian dari proyek saya simpan. Yang saya pakai ini milik saya pribadi, dan kalau tidak rusak hingga akhir proyek maka safety shoes pembagian dari proyek bisa saya jual.
  4. Saya sudah terbiasa merawat kebersihan barang pribadi, maka membersihkan safety shoes itu bisa jadi hampir setiap hari.
  5. Kulit kaki saya sangat sensitif. Terlihat kotor pada safety shoes saya, maka kulit sepertinya langsung merasakan gatal-gatal.
  6. Malu kalau kotor, saya memiliki jabatan di proyek ini. Sekaligus sebagai role model.

Itulah enam item alasan tertinggi yang didapat dari mereka yang kesehariannya konsisten merawat safety shoes-nya. Jika anda orang proyek, anda termasuk yang nomor berapa?***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.