Korban GuruMuridSebuah pesawat airbus A320 dengan nomor penerbangan 4U 9525 dari Barcelona Spanyol menuju Dusseldorf Jerman jatuh di pegunungan Alphen, Perancis. Jatuhnya pesawat tersebut terjadi pada hari Selasa, tanggal 24 Maret 2015, setelah pukul 10.47 waktu setempat. Pesawat tersebut milik penerbangan murah Germanwings yang merupakan anak perusahaan maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa. Dalam penerbangan tersebut pesawat membawa 144 penumpang dan 6 awak.

Penumpang terbanyak dalam pesawat berbiaya murah tersebut adalah warga Negara Spanyol dan Jerman termasuk 16 siswa dan 2 guru dari sebuah sekolah di Jerman. Mereka berasal dari sekolah Joseph-Koenig di Haltern, Jerman bagian barat. Sebagian besar siswa ini adalah remaja putri berusia 16 tahun. Ke-16 siswa tersebut menumpang Germanwings setelah mereka mengikuti program pertukaran pelajar selama satu pekan di Lliars de Valles, dekat Barcelona. Dimana di tahun sebelumnya para siswa dari Llinars de Valles telah mengunjungi Haltern terlebih dahulu.

Korban GuruMurid JadwalCarsten Spohr, juru bicara Lufthansa yang induk dari Germanwings, mengatakan, “Kami sangat terkejut dan sedih. Pesawat anak perusahaan kami jatuh diatas pegunungan Alphen Perancis sekitar jam 11.00 waktu setempat. Pernyataan duka mendalam dan doa kami untuk para keluarga penumpang dan awak kami pada jam hitam bagi perusahaan kami”.

Pemerintah Perancis melalui Kementerian Dalam Negeri telah mengetahui lokasi puing-puing pesawat berada di ketinggian 2.000 meter. Pemerintah Perancis pun sudah mengirimkan tim SAR pada hari yang sama ke lokasi jatuhnya pesawat. Lokasi jatuhnya pesawat berada merupakan area yang terpencil dan sulit dicapai yakni di Meolans-Revels, demikian yang disampaikan Eric Ciotti, Ketua Dewan Kota setempat.

Korban GuruMurid HelikopterManuel Valls, PM Perancis, menyampaikan bahwa sebuah helikopter tim SAR yang turun ke lokasi kecelakaan telah mengidentifikasi semua korban dinyatakan tidak ada yang selamat. Sedangkan Menteri dalam Negeri Perancis, Bernard Cazeneuve mengatakan salah satu kotak hitam telah ditemukan.

Dari kotak hitam yang ditemukan, jatuhnya pasawat A320 belum diketahui penyebabnya dan para awak tidak mengirimkan sinyal bahaya sebelum kejadian. Kotak hitam itu akan diserahkan kepada penyelidik untuk diungkap apa sebab-sebab kecelakaan itu dapat terjadi.

Korban GuruMurid Klrga KorbanKecelakaan yang membawa luka mendalam bagi keluarga korban terutama para orang tua mereka, pun keluarga besar sekolah terkait baik yang di Jerman maupun yang di Barcelona. Polisi di kedua Negara menjaga dan melindungi privasi keluarga korban dari gangguan media.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.