proyekPernah mendengar kata proyek? Pernah jalan-jalan atau berkunjung ke satu area proyek? Di daerahmu ada proyek pembangunan pasar, perumahan, masjid, sekolah, jembatan, jalan atau mall? Syukurlah kalau salah satu atau beberapa proyek-proyek tersebut terdapat di daerahmu.

Apa sih proyek itu? Proyek adalah rangkaian kegiatan yang dibatasi waktu dengan alokasi sumber daya tertentu untuk mencapai yang telah direncanakan. Terus kalau konstruksi itu apa? Kostruksi adalah membangun.

Jadi, proyek konstruksi adalah membangun suatu bangunan tertentu sesuai rencana yang dibatasi waktu dan alokasi sumber daya tertentu.

Pembahasan proyek disini mari kita batasi proyek konstruksi saja. Dari paragraf ketiga diatas maka dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Kata ‘dibatasi waktu’ memiliki pengertian tidak berulang, tidak rutin, jelas kapan berawal dan kapan berakhir. Misal, masa penyelasaian suatu proyek dinyatakan dalam 21 bulan.
  2. Lokasi proyek telah ditentukan.
  3. Memiliki alokasi biaya yang terbatas.
  4. Memiliki batasan kualitas tertentu sesuai spesifikasi yang telah direncanakan / ditetapkan. Artinya meliputi bahan (material), perkakas (tools), peralatan / equipment, metode kerja konstruksi (construction method), sumberdaya (human resources).
  5. Memiliki jenis tahapan kegiatan yang berbeda-beda namun terpola. Jenis tahapan kegiatan kegiatan adalah perencanaan (planning), rekayasa / rancang bangun (engineering and design), lelang (tender), pelaksanaan (execution), tes operasional (precommissioning – commissioning – start up), produksi dan pemeliharaan (production and maintenance). Terpola artinya dimulai dari nol, sedikit, bertambah, puncak, menurun, sedikit dan nol kembali.
  6. Memerlukan kualifikasi sumberdaya manusia yang beragam.
  7. Sumberdaya manusia yang beragam dikumpulkan dalam satu wadah atau organisasi proyek. Pembentukan organisasi pada pelaksanaan sebuah proyek sangat diperlukan. Organisasi ini bersifat sementara, artinya organisasi ini sebatas umur proyek itu sendiri. Besar kecilnya organisasi proyek sangat ditentukan besar kecilnya proyek.

Adakah proyek konstruksi di kotamu?*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.