rasis3Apa yang sedang terjadi di Amerika Serikat sekarang adalah kerusuhan nasional yang berakar pada rasisme. Protesters alias demontran menuntut penyelesaian yang adil atas kematian warga bekulit hitam, hal ini dapat dilihat dari tulisan di banner yang mereka bawa saat berdemo di jalanan.

Sangat mungkin kerusuhan ini terjadi merupakan akumulasi, dimana sebelumnya terjadi serangkaian kasus yang sama telah menimpa warga kulit lainnya. Sebut saja seperti kasus Bronna Taylor, Eric Garner, Micheal Brown.

Kerusuhan berawal ketika seseorang warga yang berkulit hitam, George Floyd, di hari Senin tanggal 25 Mei 2020 yang tewas ditangan polisi berkulit putih. Floyd dianggap membeli rokok dengan uang palsu.

Menjelang kematian, sekalipun Floyd sempat memohon untuk dapat diberikan kesempatan untuk bernafas namun tekanan lutut dari polisi berkulit putih (Derek Chauvin) dileher Floyd tetap tak berubah. Kejadian tersebut berlokasi di Minneapolis, Minnesota, Amerika.

Video kejadian “I can’t breathe” diatas kemudian menyebar luas dan memicu kerusuhan yang luar biasa di kota-kota. Awalnya kerusuhan terjadi hanya di minneapolis yang berpenduduk tidak sampai lima ratus ribu jiwa, kemudian merambah ke hampir seluruh bagian negeri Paman Sam.

Komposisi penduduk Minneapolis sekitar 63% kulit putih dan 18% kulit hitam.

rasis2Pembakaran bangunan dan fasilitas umum dibarengi penjarahan dilakukan para demonstran. Kerusuhan ini justru terjadi di tengah penerapan social distancing era Covid-19 dimana wabah Covid-19 itu sendiri belum tahu kapan berakhirnya. Akankah menambah cerita panjang derita Covid-19 di Amerika?

Definisi Rasisme

Baik pembaca, pada artikel ini kita tidak perlu membahas lebih jauh mengenai kematian George Floyd, kerusuhan para pemrotes, penjarahan, pemberlakuan jam malam (carfews) di banyak kota, penangkapan, apalagi mebicarakan pihak ketiga mana yang menunggangi para demonstran tersebut.

Kita fokus pada apa itu rasisme. Rasisme menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah rasialisme. Rasialisme menurut KBBI ada dua makna, yang pertama, prasangka berdasarkan keturunan bangsa; perlakuan yang berat sebelah terhadap (suku) bangsa yang berbeda-beda. Makna kedua, paham bahwa ras diri sendiri adalah ras yang paling unggul.

Rasisme menurut Wikipedia adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu – bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya.

Keduanya, baik KBBI maupun Wikipedia, memiliki pengertian yang sama yakni dalam bahasa sederhananya adalah (suku) bangsa saya lebih unggul dari lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.