RSS
Facebook

Ayat-ayat Ulang Tahun

Sebentar lagi 16 September. Jujubhampy ultah2015r saja karena tanggalmu itu akan segera tiba aku tergesa-gesa saat menuliskan ini semua .

Anakku, yang kuingat saat itu semua dinding-dinding rumahWisata Religi Di Dataran Tinggi. Read more ... », ikan-ikanSampah Jakarta. Read more ... » di kolam, bahkan cecak, tokek dan kodok yang ada didalam dan luar rumahWisata Religi Di Dataran Tinggi. Read more ... » turut haru bahagia menyambut kedatanganmu. Kala itu engkau datang dengan tangismu yang lantang namun tanpa air mataBangkit dari Keluarga Broken Home! (Part-3). Read more ... ». Sementara airMenggapai Cita-cita!. Read more ... » mancur di kolam dengan letupan-letupan kecilTertawa. Read more ... » mesinExcavator. Read more ... » gelembung udara terus menyertai kehadiranmu dari waktuWaktu dan Usia. Read more ... » ke waktuWaktu dan Usia. Read more ... », dirimu sama seperti yang sebaya denganmu: banyak tidurPersiapan Tertidur Diatas Commuter. Read more ... » dan banyak minum mungkin mengumpulkan seribu energi untuk belajarMenumbuhkan Minat Baca Anak. Read more ... » duduk, berteriak, bergerak-gerak ditempat, merangkak, merambat, berjalan, berenang, bersuara lantas berkata-kata dan akhirnya bisa berbicaraMelatih Anak Berani Tampil dan Berbicara Di Depan Umum (Bagian – 1). Read more ... ». Ya, dirimu sama dengan yang lainnya meski selalu ada bedanya: engkau selalu lebih dewasaHari Buku Nasional 2015. Read more ... » dari yang aku duga.

Anakku, aku ini ayahmu. Hari ini, sebelum 16 September-mu itu tiba ada beberapa hal yang perlu kusampaikan:

Segeralah menghadap setiap kala Dia memanggilmu, sebab disaat-saat seperti itulah ‘kan terjadi bersatunya rohmu dan jasadmu dalam keserentakan ruang dan masaWaktu dan Usia. Read more ... » yang ‘kan membentuk lima spektrum warna dalam sinar mata hatimu. Jadikan selalu tertunduk syukur dan sabar sebagai penolong utama dariNya. Dia Yang Maha Pengampun segala ampunan dimana hanya antara kaf dan nun “kun” Dia dapat menjadikan setiap kesulitanmu menjelma kemudahan, setiap kesempitanmu pasti datang kejernihan dari arahJempol Turut Menentukan Arah Hidup. Read more ... » yang tak pernah kau sangka-sangka.

Tersenyumlah selalu untuk setiap orangMenumbuhkan Minat Baca Anak. Read more ... » tuamu. Masukkanlah kegembiraan kepada keduanya sebagaimana kamu telah memasukkan kesedihan kepada keduanya. Cermatilah kemana menitiknya airMenggapai Cita-cita!. Read more ... » sembahyang mereka dan tuntunlah salah satu mereka atau keduanya kala terjejal kebutaan lebih dahulu daripada ajalnya. Perlu kamu ingat, membimbing orangMenumbuhkan Minat Baca Anak. Read more ... » buta mata itu jauh lebih mudah daripada menjelaskan sesuatu kepada yang buta hatinya. Bersabarlah wahai anakku.

Berjalanlah lurus dan tulus, tak perlu rakus. Percayalah, kau akan mendapatkan bahagianmu sesuai apa yang telah engkau usahakan. Biasakanlah membiarkan perbuatan baikmu menjadi rahasiamu sebagaimana kamu merahasiakan dosa-dosamu. Kau tahu, syurga itu selalu dikelilingi oleh hal-hal yang tak disukai sedangkan neraka selalu dikelilingi dengan hal-hal yang dicintai. Bukankah syurga itu ditempat yang tinggiPengendalian Bahaya & Resiko Pekerjaan Erection. Read more ... » dan sulit diraih sedangkan neraka itu mudah dijamah karena ia berada ditanah yang rendah?

Janganlah mendewakan kemajuan teknologiPromosi Sekolah Zaman Now!. Read more ... » hingga melupakan bangun pagi termasuk sikat gigiAl Aqobah1 Palembang. Read more ... ». InternetPromosi Sekolah Zaman Now!. Read more ... », android dan lainnya hanyalah sarana untuk mengenalNya sebagaimana ka’bah diciptakan bukan untuk disembah. BeratSimbiosis Mutualisme Alat Berat. Read more ... » memang tuk dicontohkan daripada sekedar tuk dikatakan, ayo jaga jari dan mata yang digunakan sekarang ini tidak dijadikan sebagai musuh kita sendiri dihari kelak. Taat dan maksiat adalah dua kata berbeda makna. Bila dirangkai dalam satu kalimat yang benar maka indahlah duniaJempol Turut Menentukan Arah Hidup. Read more ... » tapi bila mereka dirangkai salah dalam satu kalimat maka hancurlah selamanya. Ingat, tak ada ketaatan dalam kemaksiatan atau sebaliknya.

Cintailah dan bencilah karena Dia menyukainya dan karena Dia membencinya. Kesukaanmu dan kebencianmu lakukan sekedarnya saja agar apabila terjadi suatu perubahan maka perubahan itupun dirasakan sekedarnya saja. Sibukkan perasaan hatimu dengan nilai kebenaranMenentukan Pilihan. Read more ... » sebab jika ia kau abaikan ia akan sibuk dengan kemungkaran.

Terakhir namun sangat penting, lakukan semua pengetahuan ini tanpa harus berurutan tapi lakukanlah selama datang kesempatan. Sadarilah anakku, engkau lelaki, sudah kusempurnakan didepan namamu, contohlah pemilik sejati nama pertama itu sebaik-baiknya baik yang pernah beliau ucapkan maupun segala yang telah beliau contohkan.

Anakku, sejak tahun ini engkau telah mukalaf. Kau bukan ma’tuh, majnun, muskir ataupun sabiy. Kau telah dapat membedakan baik dan buruk, benar dan salah, mengetahui kewajiban, mana yang dibolehkan dan mana yang dilarang, serta mana yang bermanfaat dan mana yang merusak.

Anakku, semua yang kutulis sangat sederhana ini adalah ayat-ayat ulang tahun dariku dan khusus buatmu. Aku hanya ingin menegaskan walaupun sebenarnya engkau sudah sangat tahu bahwa engkau adalah kepanjangan nafasLorong Waktu - 1. Read more ... » dan hidupku.

Anakku, aku terharu bahagia, 16 September segera tiba, selamat ulang tahun. Kau sudah akil baligh, anakku!*

 

Sajak karya M. A. Bagayo, Cepu Kota Minyak, samping musholla, Sept 2015



Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: