investigasi-1Pada Keselamatan Kerja mengenal istilah accident, incident, dan near miss atau dangerous occurance. Ketiga istilah tersebut telah di bahas pada artikel lain dalam website ini KLIK DISINI jika ingin melihatnya kembali.

Accident, incident, dan near miss atau dangerous occurance dapat terjadi disetiap lingkungan kerja. Setiap kecelakaan kerja pasti memiliki sebab dan akibat. Sebab dan akibat kecelakaan kerja pasti memiliki impak terhadap si korban, pekerja lain, produktifitas maupun image perusahaan. Untuk kemudahan pemahaman substansi artikel ini hanya akan digunakan satu istilah saja yakni insiden (incident).

Perusahaan yang telah established akan menempatkan tindakan pencegahan (preventive actions) terjadinya kecelakaan kerja setara dengan pentingnya schedule, productivity, dan quality.


Kenapa insiden harus diinvestigasi?

Investigasi (investigation) atau penyelidikan merupakan hal penting yang harus dilakukan setelah terjadinya insiden, sekecil apapun bentuk insiden yang terjadi. Perlu diketahui dan disadari, tujuan investigasi adalah mengkonsentrasikan perhatian tim investigasi (investigator) untuk menemukan akar penyebab terjadinya insiden (root causes). Root causes yang telah ditetapkan dalam sebuah investigasi akan dijadikan sebagai bahan acuan utama dalam mencegah munculnya peluang terulang kembalinya kejadian serupa.

Perlu dingat bahwa investigasi sama sekali tidak bertujuan menemukan kesalahan sama sekali baik kesalahan bagi individu, bagi kelompok maupun perusahaan. Investigasi harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan mendalam, tidak hanya sekedar kegiatan catat mencatat urut-urutan (kronologi) terjadinya kecelakaan.

Beberapa hal penting yang mendasari kenapa sebuah insiden harus diselidiki adalah:

  • investigasi-2Seperti yang telah disebutkan diatas, mencari penyebab dasar untuk mencegah agar hal serupa tidak terulang kembali.
  • Pemenuhan terhadap regulasi dan peraturan berlaku.
  • Kalkulasi besarnya kerugian.
  • Dasar untuk melakukan klaim terkait asuransi dan aturan ketenagakerjaan.
  • Mengangkat moral para pekerja akan pentingnya keselamatan kerja bagi semua pekerja.

Hal-hal yang mendasari kenapa harus dilakukan investigasi tersebut berlaku baik untuk kecelakaan kecil hingga terbesar. Jangan sekalipun mengabaikan insiden kecil, perlu diingat hal besar datangnya dari yang kecil. Jika yang kecil selalu diabaikan maka yang besar akan terjadi dan kerugian pun tak bisa lagi dihindari.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.