Tbt3

Sungguh menarik proses ajar-mengajar secara non-formal yang dilakukan oleh tim pekerja proyek konstruksi ini. Proses ajar-mengajar ini merupakan sebuah program rutin yang dilakukan oleh setiap tim kecil sebelum melakukan pekerjaan terutama yang memiliki resiko tinggi. Nama program ajar-mengajar ditempat kerja ini dikenal dengan sebutan toolbox talk. Nama lain dari toolbox talk adalah tail gate meeting, atau orang konstruksi lainnya terkadang menamakannya pre-job start meeting. Bahasa Indonesianya apa ya? Orang konstruksi lebih senang dengan sebutan-sebutan itu, tapi bukan berarti mereka gak bangga lho dengan bahasa Indonesia.

Proses ajar-mengajar ini lebih tepat dikategorikan sebagai coaching atau pembinaan. Materinya terkait dengan langkah-langkah pekerjaan yang akan dilakukan agar bahaya pelaksanaan pekerjaan tidak muncul sebagai resiko. Resiko mencederai pekerja atau merusak aset ataupun kombinasi keduanya. Jadi tujuan diadakan toolbox talk tersebut adalah secara bersama-sama melaksanakan pekerjaan dengan benar dan sesuai target, menjaga keselamatan kerja bagi dirinya & orang lain, menjaga aset perusahaan dan menjaga kelestarian lingkungan. Lantas apanya yang menarik dari proses ajar-mengajar ini?

Tbt4Menariknya adalah proses ajar-mengajar ini wajib diikuti oleh pekerja yang masuk dalam tim dengan mengabaikan usia, mengabaikan jenjang pendidikan masing-masing pekerja, mengabaikan apakah pekerja berpengalaman ataupun tidak, dan mengabaikan kepangkatan dalam struktur organisasi proyek. Mereka harus berdiri bersama dan dipimpin oleh yang pangkat tertinggi di tim tersebut namun komunikasi dilakukan secara dua arah, sehingga buruh kasar disitu dapat mengeluarkan pendapat dan dihargai.

Banyak sekali hikmah dibalik pelaksanaan toolbox talk ini, antara lain:

  • Belajar mengeluarkan pendapat dan menghargai orang lain (demokrasi).
  • Belajar menghargai keselamatan bersama termasuk menjaga kelestarian lingkungan.
  • Belajar bekerja sama dalam tim sesuai perannya masing-masing.
  • Selalu mengingat Tuhan, karena selalu dilakukan doa bersama sebelum ekseskusi pekerjaan dimulai.

Belajarlah sepanjang hayat, itulah kalimat yang nampaknya cocok untuk tim pekerja konstruksi ini.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.