BELL1Pertama yang menarik perhatian saya bukanlah kehebatannya dalam penguasaan linguistik diatas rata-rata. Yang benar-benar menggoda mata saya adalah bentuk lucu Bella sebagai seorang anak. Matanya sangat lucu, pipinya tembem, bibirnya lucu, senyum dan tawanya lucu bukan main, wajahnya cenderung bundar. Dan dia gemuk seukuran anak lucu!

Mengejutkan ketika disebut Bella sejak balita umur 4 tahun sudah menguasai 7 bahasa diluar bahasa Negara kelahirannya. Bella menguasai bahasa Rusia, Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, China, dan Arab. Bella polyglots.

Nama lengkapnya Bella Devyatkina, kelahiran Rusia, Jumat, 3 Agustus 2012. Bella menjadi populer setelah menjadi bintang YouTube Rusia yang biasanya muncul dalam video keluarga dan bahasa di salurannya. Bella pertama kali muncul di video di saluran YouTube-nya pada November 2016.

Dia telah mengumpulkan lebih dari 40.000 pelanggan untuk saluran YouTube-nya. Sedangkan di akun instagram Bella telah mendapatkan lebih dari 60.000 pengikut. Saluran YouTube dan instagram-nya dijalankan oleh ibunya, Yulia.

Bella menjadi buah bibir media setelah ia tampil di sebuah ajang pencarian bakat di Rusia. Para juri dan jutaan penonton dibuat terpukau oleh aksi bocah 4 tahun yang mampu berbicara dalam 7 bahasa.

BELL2Kemampuan dan keterampilan penguasaan bahasa Bella diuji di acara televisi yang bertajuk ‘Incredible People’ di mana ia harus menjawab beberapa pertanyaan dalam tujuh bahasa. Ternyata bocah  lucu bernama Bella ini berhasil menjawab semua pertanyaan dengan lancer dalam 7 bahasa.

Masa kecil

Bella Devyatkina lahir pada dekade munculnya smartphone, media sosial, zaman internet. Bella merupakan bagian dari generasi Z (juga dikenal sebagai iGeneration). Dimana anak-anak yang lahir dengan mengenal internet dan sebagai generasi yang paling individualistis juga bergantung pada teknologi.

BELL3Sejak lahir, Yulia berbicara dengan Bella dalam dua bahasa: Rusia, sebagai bahasa ibu, dan bahasa Inggris.

Ketika Bella berumur satu tahun, Yulia menambahkan bahasa Prancis dan setelah dua bulan melihat bahwa putrinya dapat menangkap dengan cepat. Saat itulah orang tua Bella menyewa native speaker untuk putrinya.

Metode belajar

Kedua orang tua Bella menyewa native speaker untuk setiap bahasa baru yang diajarkan. Saat berusia 3,5 tahun, Bella sudah lancar berbicara 2 bahasa. Dia menguasai dua lagi dalam 6 bulan berikutnya.

Menurut Yulia, Bella menghabiskan sekitar 6 jam perharinya untuk belajar bahasa asing. Dari jam 10 pagi sampai pukul 13.00 dan lagi dari 17.00 sampai 20.00.

Semua kelas pertemuan diformatkan sebagai permainan yang menyenangkan bagi bocah. Sejauh ini Bella benar-benar menikmatinya. Dia bermain, bukan belajar, kata Yulia.

Yulia, tidak menganggap putrinya sebagai anak ajaib (prodigy). Sebagai guru bahasa Inggris, ia mengatakan keterampilan bahasa putrinya berasal dari belajar dengan metode yang tepat dan latihan yang konsisten.

Pada usia 2 setengah tahun, bahasa Mandarin Cina mulai diajarkan. Bella sangat senang diperkenalkan dengan setiap bahasa baru sehingga tidak ada keraguan ibunya untuk terus melanjutkannya.

WhatsApp Image 2020-04-22 at 00.13.26 (3)Pada usia 3 tahun, setelah hanya enam bulan belajar bahasa Mandarin, Bella berinteraksi dalam bahasa ini dengan anak lelaki Cina berbahasa Cina seusianya.

Yulia melakukan penelitian sendiri mengenai multibahasa / multilngualism dan pada akhirnya berkesimpulan bahwa semakin dini bahasa diperkenalkan kepada anak yang belajar, maka semakin baik. Oleh sebab itu pada saat putrinya berusi 3 tahun, ia tambahkan bahasa Spanyol, beberapa bulan kemudian Jerman, dan setelah dua bulan lagi, bahasa Arab.

Sedangkan menguasai bahasa Italy adalah pilihan Bella sendiri. Ketika pergi keluar negeri dan berinteraksi dengan anak-anak dari manca negara, Bella merasa tidak dapat berkomunikasi dengan anak dari Italy. Sesampainya tiba di rumah, Bella meminta untuk mengunduh aplikasi ke tabletnya untuk belajar bahasa Italia, mulai menonton kartun Italia dan, akhirnya, meminta tutor Italia.

Sekarang Bella berusia 7 tahun jalan dan dia sudah dapat berbicara, menulis, dan membaca dalam 8 bahasa. Mimpinya adalah bisa belajar bahasa Jepang untuk selanjutnya.

Kunci keberhasilan menurut Yulia adalah bahwa Bella tidak pernah merasa jadi beban dalam pembelajaran bahasa. Sejak usia dini, pembelajaran bahasa ini selalu menjadi sesuatu yang menyenangkan dan sangat menarik bagi silucu Bella, putrinya.

Keliling dunia

Apapun yang dikatakan Yulia, yang jelas bagi Bella dengan menguasai banyak bahasa (polyglots) hanya dalam usia tujuh tahun adalah hal yang luar biasa. Bakatnya telah membawanya berkeliling dunia. Bella telah tampil di berbagai program untuk menunjukkan keahliannya dalam berbahasa.

Bella & Mum

Video Bella Devyatkina klik link-nya 

Kekayaan

Berapa kekayaan Bella sebagai bintang YouTuber? Diperkirakan pada tahun 2020, kekayaan bersih Bella Devyatkina adalah $ 100.000 – $ 1 juta.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.