MentengPernah melihat buah seperti pada gambar disamping ini? Apa nama buah itu? Itulah buah menteng namanya (dibaca ‘mèntèng’). Tanaman menteng merupakan asli pulau Jawa. Gambar disamping diambil sekolahajadotcom di stasiun Kota Bogor di bulan Mei 2015.

Tanaman buah menteng disebut juga pohon menteng. Jadi nama pohon dan buahnya sama, menteng. Nama lain buah menteng adalah kepundung (Cirebon), kapundung (Sunda), mundung. Nama latinnya disambiguasi.

Buah menteng dapat dimakan oleh kita, rasanya ada yang manis dan masam/kecut. Umumnya buah ini berasa masam/kecut. Sepintas buah menteng mirip buah duku, namun mudah membedakannya jika kedua jenis buah tersebut ada didepan mata kita.

Tanaman dan buah menteng banyak terdapat di kota Bogor, Kuningan dan Cirebon. Konon dahulunya di Jakarta pun banyak terdapat tanaman menteng. Mungkin banyak yang telah tergusur, meski demikian Jakarta mengabadikan nama menteng ini sebagai nama kawasan. Contohnya: Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng di Jakarta Pusat; Stadion Menteng; Menteng Dalam, Kecamatan Tebet di Jakarta Selatan.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.