Tahukah kalian tentang CIFOR?

cifor3CIFOR letaknya di sudut bubulak, kota Bogor. Pada pintu utama CIFOR tertulis Hutan Penelitian Dramaga, tapi orang-orang menyebutnya dengan CIFOR, kependekan dari Center for International Forestry Research. Aku sendiri tahu CIFOR 14 tahun yang lalu, saat menuju jalan alternative menuju kantorku. CIFOR dulu dan CIFOR kini jauh berbeda. Seingatku, dulu tak ada tempat penangkaran rusa, kini ada tempat penangkaran rusa dan cukup ramai dikunjungi oleh anak-anak. Mereka senang memberi makan rusa dengan wortel yang bisa dibeli di dekat tempat tersebut. Kemudian jalan menuju CIFOR sudah semakin bagus dan benar-benar telah menjadi jalan alternative bagi banyak orang. Kendaraan sudah ramai. Di pinggiran CIFOR kendaraan boleh bising, tapi kalau kita sudah masuk ke CIFOR dan berada diantara batang-batang pohon yang berjajar rapi, daun-daunnya seolah-olah merapatkan diri satu dengan yang lainnya, maka kesejukan dan jauh dari kebisingan yang dirasakan. Matahari hanya menyusup di celah-celahnya. Tempat ini benar-benar sejuk dan asri. Aku setuju datang bersama anak-anak ke tempat ini, karena selain menikmati kesejukan dan refresh juga sekaligus mengajarkan cinta hutan dan lingkungan. CIFOR adalah hutan kota di Bogor sebagai salah satu alternatif liburan murah dan cocok dengan program kami yang sedang mengencangkan ikat pinggang. Masuk ke CIFOR tidak bayar, gratis.cifor1

Ada satu tempat lagi yang menjadi favorit pengunjung yaitu danau Situ Gede. Danaunya tidak terlalu luas. Ada beberapa perahu yang bisa disewakan untuk mengelilingi danau. Jika sedang beruntung, pemandangan gunung salak bisa terlihat jelas dari danau. Anak-anak senang goes-goes perahu. Kalau sudah lelah, menepi dan mulai menikmati piknik makan siangnya, dilanjutkan berlari-lari melewati jalan setapak CIFOR yang penuh kesejukan. Di sepanjang pinggiran danau tersedia bangku-bangku cifor2untuk pengunjung dan warung-warung yang menyediakan minuman dan makanan ringan. Tak ketinggalan tersedia tempat sampah. Salah satu yang ingin kuajarkan pada anak-anak, membuang sampah di tempatnya. Sedih rasanya di beberapa tempat di CIFOR ada tulisan “Dilarang buang sampah sembarangan” tapi sampah-sampah rumah tangga dalam kresek-kresek malah makin banyak. Kebiasaan kecil tapi manfaatnya besar inilah yang ingin kuajarkan kepada anak-anak, supaya karakter dan kebiasaan hal kecil yang baik akan menjadi manfaat yang besar.

Bagaimana tentang sedikit ulasan CIFOR dan tertarik? Kalau dari Stasiun Bogor bisa naik angkot 02 turun di Terminal Bubulak, lalu melanjutkan dengan angkot 15. Maka anda akan sampai ke CIFOR.

Frida, 2015

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.