Kita ketahui bahwa alat transportasi terbagi menjadi 3 yakni transportasi darat, laut dan udara. Salah satu alat transportasi pilihan untuk mudik lebaran tercepat untuk menjangkau jarak sedang atau terjauh di wilayah Indonesia adalah melalui udara.

terbang aturan penumpangSetelah semua penumpang berada di kursi (seat) masing-masing dan sebelum pesawat take off maka akan diperagakan oleh para pramugari cantik mengenai bagaimana cara menggunakan peralatan pelindung diri yang wajib disediakan maskapai penerbangan. Alat pelindung diri (APD) ini adalah pelampung (live vest) dan masker oksigen (oksigen mask).

Setiap perusahaan penerbangan wajib menyediakan APD yang dibutuhkan tersebut. Perlu diketahui bahwa APD yang disediakan adalah hanya boleh (baca: wajib) digunakan pada saat situasi keadaan darurat (emergency). APD tersebut tidak boleh dibawa pulang atau diambil oleh kita sebagai barang milik pribadi.

Pelampung ada dibawah kusi anda (Live vest under your seat), tulisan itu biasanya dapat kita baca pada saat kita sudah duduk di kursi pesawat. Disekitar itu biasanya juga terdapat tulisan ‘Untuk keselamatan penerbangan, silahkan matikan telepon genggam anda’ (For flight safety, switch off your mobile phone). Sudahkah kita tahu apa resiko bila mengambil pelampung atau menyalakan telepon genggam (hp) anda di dalam pesawat?

Menurut Undang-Undang nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan pada Pasal 54 dan Pasal 412 Mengganggu Keselamatan Penerbangan: Menyalakan telepon genggam, Mengambil / memindahkan pelampung, Pengrusakan peralatan pesawat maka akan dikenakan denda Rp. 200 juta atau 2 tahun kurungan penjara. Wow!

Mendapatkan APD dalam menjalani rute penerbangan adalah hak kita maka biasakan memeriksa keberadaan pelampung tersebut disaat pertama kita duduk dikursi kita. Jika tak ditemukan pelampung maka segera laporkan dan minta disediakan!*

Baca juga Pesawat Berbahan Bakar Tebu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.