elizabeth_640x360_afp_nocreditRatu Elizabeth II memecahkan masa tahta yang sebelumnya dipegang oleh nenek buyutnya, Ratu Victoria, dengan periode 63 tahun dan tujuh bulan.

Beberapa catatan dari Ratu Elizabeth II dalam masa kekuasaan (tahun 1952 – sekarang):

Ratu Elizabeth II memecahkan masa kekuasaan terlama tepatnya pada pukul 17.30 waktu setempat, Rabu 9 September 2015. Hingga sekarang ini Ratu Elizabeth II sudah berkuasa selama 63 tahun dan tujuh bulan atau tepatnya 23.226 hari, 16 jam, dan 30 menit. Catatan ini melampaui rekor yang dipegang oleh mendiang Ratu Victoria, nenek buyut Ratu Elizabeth II. Ratu Elizabeth II menjadi penguasa Kerajaan Inggris pada 1952 ketika masih berusia 25 tahun setelah ayahnya, Raja George VI, wafat.

Jabatan kepala negara yang dipegang Kerajaan Inggris ini hanya sebagai simbol, meski demikian Ratu Elizabeth II telah melakukan kunjungan resmi kenegaraan ke berbagai negara. Ratu tercatat sudah mengunjungi dalam lawatan resminya ke 116 negara, bertemu dengan 12 presiden Amerika, 12 Perdana Menteri Inggris, dan 7 Paus.

Dan selama 63 tahun tahtanya, Ratu menyaksikan naik turunnya sejumlah pemimpin dunia (tentunya menyaksikan juga turunnya Presiden Soekarno, Soeharto hingga naiknya Jokowi menjadi RI1), termasuk pemimpin tertinggi umat Katolik dunia.

Salah satu tugas penguasa Kerajaan Inggris adalah memberikan tanda penghargaan kepada warga Inggris. Ratu sudah memberikan gelar kehormatan kepada 412,750 orang.

ratu_elizabeth_549x549_bbc_nocreditCatatan lain, anjing kegemaran Ratu Elizabeth adalah anjing kecil jenis corgi dari daerah Wales dan ada dua turunannya, Pembroke Welsh dan Cardigan Welsh. Ratu memiliki 30 anjing corgi selama kekuasaannya.

Catatan lainnya lagi, sebagai salah satu orang yang populer di dunia, Ratu Elizabeth diperkirakan menerima 200 – 300 surat setiap harinya. Di tengah perkembangan teknologi, Ratu juga sudah menggunakan email, bahkan sebelum berkembangnya teknologi internet sekarang ini. Ratu mengirim email pertama ditahun 1976 dengan menggunakan ARPANET, pendahulu internet. (Sumber: BBC News)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.