earplug2Apa yang akan kita lakukan jika tiba-tiba kita mendengar kebisingan yang memekakkan telinga? Reflek kita pasti menutup kedua daun telinga dengan kedua telapak tangan kita kan?! Tindakan itu merupakan reflek kita dalam melindungi alat pendengaran kita. Dalam alat pendengaran kita ada bagian yang namanya gendang telinga (membrane tympani), gendang telinga ini  berfungsi menghantar getaran suara dari udara menuju tulang pendengaran didalam telinga tengah. Gendang telinga akan pecah dan rusak permanen jika getaran suara yang sampai padanya melebihi kemampuannya.

Dalam dunia kerja saat ini banyak ragam pekerjaan dengan lingkungan yang memiliki nilai kebisingan diatas rata-rata (ekstrim), misal pabrik.

Zaman sekarang hampir semua pabrik harus memenuhi persyaratan ramah terhadap kesehatan (termasuk kebisingan) pekerja dan harus ramah terhadap lingkungan. Persyaratan-persyaratan tersebut dikeluarkan oleh lembaga-lembaga resmi pemerintahan, misal Kementrian ketenagakerjaan dan transmigrasi, Kementrian Kesehatan, Kementrian Lingkungan Hidup, dan lain sebagianya. Selain itu, mengenai persyaratan ramah kesehatan maupun ramah lingkungan juga diatur oleh International Standards & Code.


Meskipun begitu pada beberapa pabrik industri baik pabrik petrokimia (petrochemical) maupun minyak dan gas (oil & gas) masih terdapat area-area tertentu yang masih memiliki kebisingan yang memekakkan telinga pekerjanya.

Mari kembali ke reflek kedua tangan yang menutup kedua telinga. Bagaimanakah para pekerja di pabrik yang bising dapat bekerja bila kedua telapak tangannya menutup telinganya secara terus menerus? Tentunya tidak dapat beraktifitas dengan sempurna kan?! Nah, untuk itu mereka harus menggunakan alat pelindung telinga sehingga tangan mereka dapat beraktifitas secara normal.

Selain pekerja pabrik, di lingkungan tempat kerja mana lagi yang para pekerjanya saat melakukan pekerjaannya harus menggunakan pelindung telinga? Tentunya masih banyak. Misalnya saja, pengemudi pesawat terbang atau pilot, petugas parkir di bandara (ramp handling), para anggota militer, studio musik, dan masih ada lagi yang lain.

earplug1Alat pelindung telinga berfungsi melindungi telinga manusia dari kebisingan yang ekstrim. Ada dua jenis pelindung telinga, yakni penutup daun telinga (ear muff) dan penyumpal lubang telinga (ear plug). Keduanya berfungsi sama yaitu untuk mengurangi kebisingan sehingga pemakainya merasakan nyaman dalam durasi waktu tertentu. Dalam kondisi kebisingan yang super ekstrim maka ear plug dan ear muff dapat digunakan secara bersama-sama atau kombinasi keduanya.

Di toko-toko penjual alat pelindung diri (APD), pelindung telinga akan kita temui banyak ragam merek, model dan disainnya. Kita dapat memilih seseuai spesifikasi dan model ear muff dan ear plug. Ear muff dan ear plug memiliki kemampuan mengurangi kebisingan sekitar 19 – 26 dBA (desibel). Sebagai contoh, kebisingan ditempat bekerja mencapai 100 dBA, karena seorang pekerja menggunakan ear plug dengan kemampuan mengurangi kebisingan sebesar 25 dBA maka kebisingan yang diterima pekerja tersebut menjadi hanya 100 – 25 = 75 dBA saja!

earplugApakah kebisingan itu? Kebisingan adalah getaran suara yang berada diatas 85 dBA. Bila kita berada di lingkungan kebisingan diatas 85 dBA maka kita harus menggunakan alat pelindung telinga. Berikut adalah tabel kebisingan yang dapat dijadikan acuan bagi kita.

Tingkat Kebisingan (dB)
Maks Waktu Pemaparan per Hari
85 8 jam
91 2 jam
97 30 menit
103 7 menit

earmuff

Sama halnya dengan negara-negara lain yang memiliki peraturan dinegaranya maka pemerintah kita, salah satunya melalui Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI telah menyetujui kewajiban menggunakan pelindung telinga di tempat kerja, yakni tertulis di Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.08/Men/VII/2010 tentang alat pelindung diri (APD).

Jika ketentuan dalam tabel diatas sering dilanggar maka si pelanggar akan memiliki potensi terkena penurunan fungsi pendengarannya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.