shoes5Artikel ini ditujukan bagi pembaca yang ingin mengetahui apa fungsi dan manfaat safety shoes. Artikel lain terkait safety shoes kami sajikan juga di website ini. Artikel lain tersebut adalah disain & material safety shoes, apa itu safety shoes, peraturan/perundangan dan standar safety shoes, pengujian safety shoes, dan rambu-rambu terkait safety shoes.

Saat anda berfikir tentang sepatu untuk suatu tempat kerja dengan tugas di medan berat maka pastinya akan terlintas sepatu khusus berkarakter kuat yang terlintas di benak anda.

Sepatu yang dapat memenuhi kriteria ini tentunya safety shoes dimana diperkuat oleh steel toe untuk melindungi kaki dari bahaya seperti kejatuhan benda berat, bahaya tertusuk benda tajam, dan lain-lain.

Sesuai dengan namanya, safety shoes atau sepatu keselamatan adalah sepatu yang berfungsi untuk melindungi keselamatan bagian kaki. Pertanyaannya melindungi kaki kita dari bahaya apa?

Sesuai dengan karakter lingkungan kerja seperti pertambangan, pabrik-pabrik, pengeboran, konstruksi maka sangatlah banyak memiliki potensi bahaya yang dapat menimbulkan resiko cedera pada bagian kaki. Oleh sebab itu shoes disini di disain sedemikian rupa untuk anti bahaya yang sudah diidentifikasi.

Jadi anda harus melakukan penilaian bahaya dan menentukan jenis risiko apa yang akan mengancam kaki pekerja lapangan anda.

Lingkungan kerja meski dengan pemenuhan housekeeping yang terbaik sekalipun tetap mengharuskan pekerjanya menggunakan safety shoes. Apa artinya ini? Artinya bahwa residual bahaya pasti masih ada.

Lantas bahaya-bahaya apa saja yang perlu kita identifikasi terkait perlindungan kaki? Berikut bahaya-bahaya dari aktifitas pekerjaan dan sekaligus menunjukkan apa manfaat safety shoes:

Mencegah bahaya benturan. Benturan disini adalah sesuai dengan karakter kaki yang sering digunakan melangkah kedepan. Saat melangkah memiliki bahaya tersandung akibat sang kaki bagian terdepan membentur suatu benda. Benda tersebut dapat berupa kanstin, batu, onggokan benda, dan lain-lain.

Hal diatas sangat rentan terjadi di tempat kerja mana pun dan mengakibatkan banyak kecelakaan kerja. Pemilihan safety shoes yang tepat dapat memberikan perlindungan yang baik.

IMG_20200525_015457Mencegah bahaya tusukan benda tajam. Bahaya ini sangat menonjol khususnya di lingkungan kerja konstruksi. Bisa saja seseorang pekerja berjalan diatas benda-benda tajam. Bahaya tusukan ini datang dari arah bawah kaki atau telapak kaki. Sangat mudah teridentifikasi adalah tusukan paku atau benda tajam lain yang mencuat kearah langit alias nongol atau protruding objects.

Safety shoes dapat memprotek bagian telapak kaki pekerja tersebut dengan memilih jenis safety shoes yang tepat dimana terpasang di safety shoes-nya dengan hard-soled shoe, sol kuat berupa plat. Silahkan baca artikel ‘Safety shoes – Disain & material’.

Mencegah cedera kaki saat kejatuhan benda. Ketika pekerja membawa material berat atau bekerja di lingkungan yang dinamis dan simultan di mana melibatkan banyak orang, mesin, dan kendaraan beroperasi sekaligus, benda jatuh dan terbang merupakan bahaya yang sangat mungkin terjadi.

Saat usaha pencegahan benda jatuh gagal dilaksanakan maka kita asumsikan benda tersebut berat dan jatuh mengenai bagian kaki dimana kaki tersebut sudah menggunakan safety shoes. Safety shoes mempunyai kemampuan yang cukup kuat untuk menahan beban berat, sehingga resiko patah tulang atau yang lebih berat dari itu dapat di mitigasi bahkan ditiadakan sama sekali.

Mencegah dari bahaya terpotong. Mesin yang memiliki bagian tajam atau mengandung bagian yang bergerak dapat menimbulkan bahaya terportong.

Kita ambil contoh pekerja di fabrication shop yang mengoperasikan motor grinda atau pekerja di industri penebangan kayu yang mengoperasikan gergaji mesin. Nah, mereka menghadapi bahaya terpotong dari mesin-mesin yang dioperasikannya.

Mencegah dari bahaya listrik. Lingkungan kerja mana yang tak menggunakan tenaga listrik? Memang listrik menimbulkan berbagai resiko namun dibalik itu besar sekali manfaatnya untuk efisiensi.

Pekerja dapat menghadapi kejutan listrik potensial alias kesetrum, atau terperangkap pada area listrik statis. Untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan listrik, safety shoes yang terbuat dari bahan non-cunductive seperti yang terbuat dari kulit, karet atau bahan lain yang tidak menghantarkan listrik dapat dipilih.

Mencegah terpeleset. Safety shoes di disain juga dengan bahan anti slip sehingga safety shoes tetap aman jika digunakan pada permukaan berminyak atau licin.

Terpleset dan jatuh dapat terjadi di tempat kerja mana pun dan mengakibatkan banyak kecelakaan kerja. Pemilihan safety shoes dengan anti slip merupakan keputusan terbaik dimana risk assessment telah dilakukan dengan melibatkan level manajemen.

Dapat diambil langkah-langkah dengan penggalakan housekeeping dan atau dengan memasang selotip anti slip untuk mengurangi risiko kecelakaan ini. Safety shoes yang pas dan terasa nyaman juga dapat meningkatkan keseimbangan, yang akan membantu mencegah terjadinya terpleset dan jatuh.

Mencegah kelelahan atau fatik. Sebagian pekerja diperlukan berdiri sepanjang hari, atau sebagian lain dituntut mobilitas yang tinggi dengan berjalan kaki terutama pada permukaan keras seperti beton atau aspla jalan. Pekerja yang seperti itu niscaya akan cepat merasakan kelelahan atau pegel-pegel.

Kelelahan menonjol akan muncul pada otot-otot dan sendi kaki, punggung, dan bisa jadi di bagian tubuh. Hal seperti ini dapat menjadi lebih buruk ketika pekerja tidak mengenakan alas kaki yang tepat.

Jenis safety shoes untuk para pekerja seperti ini haruslah yang memberikan bantalan dan dukungan lengkungan yang memadai pada kaki mereka sehingga dapat membuat pekerja tersebut lebih nyaman dan dapat mengurangi keluhan seperti ketegangan pada otot. Pemilihan safety shoes yang tepat secara tidak langsung dapat mendukung pekerja lebih nyaman dan efisien dalam beraktifitas.

Screenshot_2020-05-25-02-04-48-61

Mencegah luka bakar. Pada sebagian besar jenis pekerjaan memiliki bahaya terbakar atau terkena temperatur ekstrim. Sehingga resiko luka bakar akibat api bisa saja terjadi di tempat kerja, misal karena api itu sendiri atau bisa dari bahan kimia, atau sumber lainnya.

Safety shoes yang terbuat dari bahan tahan lama (durable material) dapat mencegah luka bakar dari percikan bahan kimia, percikan logam cair dan bahan berbahaya lainnya yang bisa melukai kulit kaki.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.