gambir lebaran3Stasiun Gambir di H+4 malam masih dipadati para penumpang yang hendak mudik. Pengaturan pengelolaan calon penumpang oleh pihak KAI Gambir yang bagus maka meski ramai calon penumpang namun suasana stasiun Gambir masih serasa lengang. Semua calon penumpang yang jam keberangkatannya masih lebih dari satu jam dilarang masuk peron, mereka dikumpulkan di lantai dasar.

Sistem pembelian tiket olnline dan tiket cetak mandiri (TCM) sangat signifikan mengurangi antrian orang di loket pembelian tiket. Sehingga lantai dasar hanya kerumunan orang yang menunggu bisa masuk peron. Sebagian dari mereka ada yang masuk kafe atau restoran-restoran yang ada di lantai dasar dan lantai 1.

Petugas Satpam stasiun Gambir ada di beberapa titik rawan keramaian. Petugas Satpam ini mengikuti pola jaga 4-2, artinya 4 hari masuk dan 2 hari off, demikian kata Frengky Sitompul salah satu Satpam. Saat lebaran Satpam ini dibantu oleh satuan Brimob dan juga beberapa pensiunan marinir, tambah Frangky.

gambir lebaran2Suasana lantai 1 stasiun Gambir tidak menunjukkan keramaian suasana lebaran. Kursi tunggu yang tersedia pun ada beberapa kosong. Suasana sama terjadi di lantai 2. Kursi tunggu di peron tidak penuh terisi. Jumlah calon penumpang di jam 10an malam adalah calon penumpang kereta tambahan lebaran. Jumlah calon penumpang relatif sedikit lebih banyak dari jumlah petugas pengaman dan para kuli pengangkut (porter) stasiun.

Beberapa penumpang dari kereta kedatangan berhamburan turun dan langsung keluar dari gedung stasiun relatif cepat sehingga tidak memperlihatkan suasana yang menunjukkan kepadatan.

Meski suasana lebaran stasiun Gambir benar-benar serasa lengang, nyaman di toilet, khusuk di praying room. Secara umum terasa nyaman, tertib, aman dan bersih. Itulah yang diarasakan H+4 malam di stasiun Gambir.*

Baca

Diatas Kereta Cireks Makan Siang Saat Puasa

Minggu Kedua Bulan Puasa Stasiun Gambir 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.