RSS
Facebook

Gerakan Memakai Masker (GEMMA) Perlu Digaungkan Lagi!

covvGaung anjuran mengenakan masker atau kain penutup wajah  terkait mencegah penyebaran virus corona telah berlangsung sekitar dua bulan lalu. Pemberlakuan physical distancing, PSBB, hingga pembatasan penumpang dalam berkendaraan pribadi telah diterapkan. Sudah berhasilkah anjuran pemakaian masker secara keseluruhan?

Anjuran dapat saja berubah menjadi keharusan jika saat kita berinterkasi di tempat atau fasilitas umum. Pemakaian masker ini dimaksudkan untuk melindungi orang lain jika anda benar-benar terinfeksi tetapi tidak menunjukkan gejala penyakit apa pun.

Anjuran ini diperkuat oleh badan kesehatan dunia WHO dengan mengeluarkan semacam surat terbuka dalam hal pemakaian masker. Ini terkait belum ditemukannya obat atau vaksin anti novel coronavirus.

Dokumen anjuran WHO tersebut dapat di klik disini untuk versi bahasa Inggris WHO-2019-nCov-IPC_Masks-2020.3-eng dan klik disini untuk versi Bahasa Indonesia anjuran-mengenai-penggunaan-masker-dalam-konteks-covid-19 (1).

Hal penting yang perlu diketahui adalah bahwa masker bukanlah merupakan pengganti jarak fisik (physical distancing). Anda tetap harus menjaga jarak sekitar 1,5 hingga 2 meter dari orang lain meskipun telah mengenakan masker.

 

Jenis masker

Masker wajah kain direkomendasikan untuk masyarakat umum, sedangkan masker bedah (surgical mask) dan respirator N95 dicadangkan untuk petugas kesehatan.

covid jiaMasker merupakan alat pelindung diri atau disingkat APD bagi tenaga medis terutama dalam menghadapi wabah virus corona ini. Tidak asal jenis masker bisa dipakai oleh petugas kesehatan karena ada tingkatan penggunaan yang harus disesuaikan dengan tempat layanan kesehatan, profesi, dan aktivitas petugas tersebut.

Yang perlu diperhatikan dalam pemakaian masker adalah saat digunakan harus:

  1. pas di wajah
  2. dilengkapi pengait telinga
  3. terbuat dari beberapa lapis kain
  4. masih memungkinkan untuk bernafas bebas
  5. bisa dicuci dan dikeringkan tanpa mengganggu fungsi masker.

Anda juga harus berhati-hati untuk tidak menyentuh mata, hidung atau mulut saat memasang atau melepas topeng.

IMG_20200502_223917 (1)
Cara memakai masker

Cara pemakaian masker selain dikeluarkan oleh WHO, banyak pihak seperti rumah sakit, universitas mengeluarkan tutorialnya.

Kenali sebelum dikenakan, mana lapisan bagian luar dan dalam masker, mana bagian atas dan mana bagian bawahnya.

Berhasilakah Program Pemakaian Masker?

Berdasarkan pemantauan sekolahaja.com yang memantau sambil lalu di daerah tertentu di Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten terhadap orang yang berkendaraan dan orang lalu-lalang ditunjukkan pada gambar-gambar dibawah ini.

IMG_20200503_202516Apapun ceritanya dari beberapa gambar yang ditampilkan maka masih diperlukan sosialisasi bertubi-tubi melalui segala media dan segala kesempatan. Bukan hanya oleh aparat gugus tugas, ataupun pemerintah, melainkan perlu peran aktif masyarakat untuk melakukan Gerakan Memakai Masker (GEMMA) secara menyeluruh.

IMG_20200503_202633 (1)Sudahkah berhasil kita meningkatkan kesadaran masyarakat luas betapa pentingnya dalam pemakaian masker?***




Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: