Libur islam New YorkIndonesia menganut kebebasan dalam beragama sesuai sila pertama pada Pancasila. Setiap agama yang syah ada di negeri ini tentunya memiliki hari yang disakralkan atau bahkan lebih dari itu yang diakui sebagai hari Raya. Bagi masyarakat Indonesia hari raya pasti identik sebagai hari libur Nasional. Maksud hari libur nasional adalah hari libur bagi segenap bangsa Indonesia termasuk yang berstatus pelajar. Dalam kalender sekolahpun pasti dinyatakan sebagai hari libur sesuai ketetapan Pemerintah.

Lain di Indonesia lain pula di Amerika Serikat, seperti dikutip dari BBC Indonesia tanggal 5 Maret 2015 kemarin walikota New York telah mengumumkan bahwa hari raya Iedul Fitri dan Iedul Adha adalah sebagai hari libur resmi di New York. Kalender sekolah di New York akan dirubah dengan memasukkan kedua hari raya umat muslim tersebut sebagai hari libur. Iedul Fitri dan Iedul Adha akan menjadi hari libur mulai tahun ajaran 2015-2016 nantinya.

Iedul Adha pada tahun ini akan jatuh pada bulan September sudah ditetapkan sebagai hari libur, sedangkan Iedul Fitri akan jatuh pada tahun depan.

Bill De Blasio, walikota New York, menyatakan bahwa keputusannya itu didasarkan pada perkembangan populasi umat Islam yang diperkirakan pelajar Islam di New York mencapai 10% dari total keseluruhan di kota itu.

New York memang menjadi kota pertama di Amerika Serikat yang meliburkan siswa untuk kedua hari raya Islam tersebut sebagai hari libur, namun perlu diketahui bahwa distrik di Vermont, Massachusetts dan New Jersey telah meliburkan sebelumnya.*

2 thoughts on “Iedul Fitri & Iedul Adha Hari Libur di New York”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.