ags6Kesuksesan event besar setingkat Asian Games tentunya tidak lepas dari peranan para tenaga medis / paramedik. Aktifitas olahraga berpotensi terjadinya cidera. Hal-hal yang tidak diinginkan atau insiden dapat terjadi tak terduga dan membutuhkan bantuan tenaga medis.


Potensi terjadi insiden bisa kapan saja terjadi pada seorang atlit. Namun tidak hanya pada pada atlit, bisa juga menimpa para official, penonton dan lain sebagainya baik yang terlibat langsung maupun tak langsung.

Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Jakarta dan Palembang telah menerjunkan para tenaga medis di lokasi-lokasi seperti di pemondokan atlit / hotel dan tentunya lapangan olahraga sebagai lokasi pertandingan.

Imam Gazali Am.Kep. yang akrab dipanggil Imam adalah salah satu tenaga medis Asian Games 2018 yang diterjunkan di kota Palembang. Putra kelahiran Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU) Kabupaten Muara Enim ini ditugaskan sebagai petugas tenaga medis pengganti. Imam menggantikan rekan seprofesianya yang berhalangan bertugas selama tiga hari.

Meski hanya sebagai petugas tenaga medis pengganti, Imam merasa bangga dapat menyumbangkan keahliannya kepada bangsa dan negara di provinsinya.

Imam yang lulusan STIKES Adiguna Palembang tahun 2012 bertugas di lokasi pertandingan yang ada di Jakabaring Sport City (JSC) atau Kompleks Olahraga Jakabaring. Kompleks olahraga diatas lahan 325 hektar yang letaknya sekitar 5 Km dari pusat kota Palembang.

Selama berperan sebagai petugas medis pengganti, Imam, kebetulan ditugasjagakan di lapangan bowling dan poli pantai yang ada di JSC.

Ketika tugas jaga Imam sempat menangani seorang atlit bola poli pantai Indonesia yang terkilir kakinya. Di lapangan bowling, Imam bersama petugas medis lain sempat tenaganya dibutuhkan karena salah satu juri kambuh penyakit jantungnya.

Dengan modal pengalaman selama 6 tahun sebagai tenaga medis dimana sebagian besarnya dihabiskan di Puskesmas Pembantu (Pustu) Pulau Panggung tentunya Imam sangat mahir dalam menangani hal-hal emergency. Puskesmas Pulau Panggung terletak di Kecamatan Semendo Darat Laut. Selain itu ia pun menggunakan waktu luangnya untuk tetap berprofesi sebagai tenaga medis di area proyek konstruksi sebuah proyek geothermal yang sedang dilaksanakan di Kecamatan Semendo darat Laut.

ags5Meski hanya menggantikan rekannya yang berhalangan, event ini sangat berkesan bagi Imam. Ia bisa menunjukkan profesi dalam menjalankan tugas sebagai tenaga medis terlatih, iapun bisa memasuki area Asian Games 2018 secara lebih dibanding orang umumnya.

Tidak bisa dilupakan bagi Imam, ia di JSC bisa parkir motor gratis, masuk lapangan pertandingan gratis alias nonton gratis, juga disediakan makan dan snack.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.