SMA BajuUntuk pertama kalinya Indonesia akan menggelar ujian nasional oline. Ujian tersebut akan dilaksanakan pada bulan April 2015. Peserta ujian tersebut adalah 500 ribu siswa SMA dan SMK saja, sedangkan lainnya tetap melakukan unas dengan pola lama yakni dengan menggunakan lembar jawaban kertas. Ujian nasional online ini masih bersifat piloting (percontohan) oleh karenanya belum seluruh siswa SMA dan SMK mengikuti ujian nasional.

Mengingat ujian nasional ini adalah yang pertama kali maka diperlukan persiapan khusus, yakni jika gagal dapat diulang hingga dua kali. Latihan ujian semacam ini tidak hanya dilakukan sekali namun hingga berkali-kali mengingat di beberapa daerah masih banyak yang belum familiar tentang ujian nasional online. Peran orang tua siswa perlu dilibatkan dalam hal ini untuk mengetahui tatacara dan metode yang digunakan dalam ujian online. Untuk tahap sekarang ini ujian nasional online akan diikuti sekitar 500 sekolah, jika berhasil maka sekolah peserta akan ditambah. Demikian yang dikatakan oleh Ferdiansyah, anggota Komisi X DPR RI ketika berada di Balai Kota Tasikmalaya Jawa Barat.

Budi Budiman, Walikota Tasikmalaya menyatakan bahwa di wilayahnya belum siap untuk menggelar ujian nasional online dikarenakan masalah infrastruktur termasuk pemerintahnya pun belum siap.

Berbeda dengan Kota Tasikmalaya, Harun, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur menegaskan bahwa secara garis besar seluruh peserta ujian nasional di Jawa Timur siap menggelar ujian nasional online. Harun mengatakan demikian pada sosialisasi di hari Kamis (12-3-2015) yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan se Jawa Timur, Drs. Mahfudz Soddar Kakanwil Kemenag Jatim, Bambang Suprijadi perwakilan BNSP dan Drs. Suprananto yang mewakili pusat pendidikan Jatim.*

(Tulisan dirangkum dari berbagai sumber).

Baca: UN CBT

Permendikbud No.5 Tahun 2015 Kriteria Kelulusan Peserta Didik UN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.