influenzaMusim durian telah tiba seiring datangnya musim hujan. Buah durian ini adalah kesukaan anak-anak saya, tapi untuk kali ini mereka gak semangat menyambut datangnya musim durian. Mereka bersamaan sedang influenza dalam enam hari terakhir ini. Hidung mereka pada ingusan dan nampak sekali nafasnya agak berat, nafsu makan pun jadi berkurang. Tujuh buah durian yang saya beli kemarin akhirnya saya ambil isinya dan disimpan di kulkas.

Ngomong-ngomong siapa pernah ngalamin seperti yang yang sedang dialamin anak-anak saya? Hidung meler, batuk batuk, dan demam. Anak-anak saya mudah terkena influenza. Biasanya kalau mereka habis kehujanan, habis bermain air terlalu lama, terkenan udara dingin, atau gak kenapa-kenapa ehhh….tiba tiba pilek (influenza) ajah.

Yuk kita cari tau penyakit apa si ini??

Influenza adalah penyakit pernafasan akut. Symptom atau gejalanya adalah demam, sakit kepala, letih dan lesu, nyeri diseluruh badan (biasanya kita bilang ngilu-ngilu), hidung rasanya perih atau panas seperti terbakar, tenggorokan sakit (nah ini yang bikin males makan), dan batuk-batuk…..biasanya hal ini dikaitkan dengan munculnya gejala gastrointestinal seperti gak selera makan, muntah dan diare.

Influenza disebabkan virus, munculnya si virus influenza ini di sekitar kita sebagai wabah endemik, pandemik dan sporadik. Di daerah tropis seperti Indonesia, muncul influenza umumnya pada saat musim penghujan. Tapiii……wabah kasus sporadik bisa muncul kapan saja.

Siapa si pembawa penyakit influenza ini??

Ternyata manusia adalah pembawa utama penyakit ini. Penyebarannya lewat sistem pernafasan atau kontak dengan droplet sekresi pernafasan. Influenza sangat mudah menular. Jika ada kawan kita kena influenza atau pilek apakah kita harus menghindar darinya? Oo, tentu tak perlu kuatir, kita cukup hati-hati dan waspada jika ada kawan yang terjangkit virus ini. Yang penting jaga tubuh kita selalu sehat dan bugar sebab pada kondisi seperti ini daya tahan tubuh kita akan mampu menangkis serangan si virus tersebut. Kalau kondisi tubuh kita fit, makan makanan bergizi dan rajin olah raga, virus influenza dapat dihalang masuk ke tubuh kita.

Jika tubuh kita sudah terjangkit virus ini, dengan pola hidup sehatpun kita bisa sembuh, jangan lupa istirahat yang cukup dan minum vitamin. Pengobatan klinis diperlukan jika dalam masa 7 hari gejala tidak hilang.

Cepat sembuh ya anak-anakku, durian di kulkas cuman buat kalian.*

_dr. Heleni Mirana._

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.