sek inggrisSebagian jadwal ujian akhir sekolah menengah Inggris, GCSE (SMP kelas 9 atau usia 15-16 tahun) dan A-Level (Diploma), tahun ini akan disesuaikan dengan pelaksanaan ibadah puasa pada bulan Ramadlan.

Dewan Bersama untuk Kualifikasi, JCQ, mengatakan sejumlah besar ujian untuk mata pelajaran inti akan dilakukan sebelum Ramadlan, yang tahun ini diperkirakan akan mulai pada 6 Juni.

Bagaimanapun tidak akan ditempuh perubahan secara menyeluruh dengan jadwal ujian GCSE dan A-Level murid-murid di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara digelar pada 16 Mei hingga 29 Juni 2016.

Penyesuaian jadwal ujian untuk mata pelajaran inti ditempuh setelah berkonsultasi dengan kelompok-kelompok umat Islam di Inggris.

Selama bulan Ramadlan, umat Muslim berpuasa sepanjang hari dan sejumlah kepala sekolah mengungkapkan kemungkinan pengaruh puasa terhadap kemampuan mereka saat ujian. Inggris dan Eropa Utara akan berpuasa di siang hari sekitar 16 jam atau lebih.

Direktur JCQ, Michael Turner, mengatakan banyak hal yang dipertimbangkan sehingga tidak semua ujian bisa disesuaikan dengan Ramadlan.

“Ketersediaan waktu yang sempit untuk ujian, sejumlah besar murid yang ikut ujian, dan beragamnya mata pelajaran yang tersedia untuk murid, membuat pembatasan dalam perubahan untuk mengakomodasi satu kelompok,” jelas Turner.

“Bagaimanapun JCQ memenuhi kebutuhan berbagai kelompok sebisa mungkin.”

Sejumlah kepala sekolah akan bertemu dengan kelompok dan organisasi Islam untuk mengkaji lebih jauh bagaimana bisa bekerja sama untuk menyusun petunjuk bagi sekolah dan akademi terkait ujian akhir tersebut.*

*Berita dan gambar dikutip dari BBC.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.