RSS
Facebook

Jaga Stamina Hadapi Virus Corona

WhatsApp Image 2020-05-05 at 22.58.25Meski angka positif terinfeksi Covid-19 meningkat dan angka kematian terus menanjak namun aksi borong bahan makanan, hand sanitizer, tissue basah, cairan disinfektan nyaris tidak terlihat lagi.

Masyarakat tidak lagi panik dengan issue pandemi corona. Mereka sepertinya sudah mengenal virus corona yang tidak pernah dilihatnya dengan mata telanjang meski bukan makhluk goib. Ada dan tiadanya tidak merubahnya dalam kepanikan.

Masyarakat seakan sudah tahu, virus corona dapat dihadapi tidak dengan kepanikan namun dengan meningkatkan kesehatan masing-masing individu dan umum. Mereka, entah berawal dari rasa ketakutan atau dari sikap waspada, mereka mulai terbiasa dengan pola hidup sehat.

Bisa saja kesadaran diatas secara tidak langsung menjawab imbauan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. Mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 salah satunya melalui agar warga senantiasa mengonsumsi makanan bergizi serta perasaan tetap tenang, agar imunitas aman di tengah wabah pandemi virus corona ini.

IMG_20200505_230658rRYang bisa diamati sekolahaja.com adalah komunitas masyarakat konstruksi dan Anyer sekitarnya. Teramati mata langsung atau mendapatkan cerita langsung dari masyarakat umum saat berbuka puasa dan makan sahur dari warung ke warung. Mereka kerap mencuci tangan dengan menggunakan sabun yang disediakan, aturan ketat penggunaan masker diikuti dengan penuh kesadaran, mengurangi atau bahkan menghindari mengusap wajah-mata-hidung-mulut meski milik mereka sendiri, mengikuti physical distancing, menerapkan etika batuk dan bersin sebagian besar dipahami (dipraktekan?).

Selain itu mereka sadar betul pola hidup sehat bukan sekedar terpenuhinya makanan sehat di perut mereka. Mereka pun tahu selalu menjaga waktu tidur yang cukup dan menjaga stamina dengan berolah raga itu juga sangat penting.

Mereka tidak terlalu tahu detail, namun mereka tahu dengan tidur cukup maka badan menjadi sehat dan kekebalan tubuh meningkat. Kekebalan tubuh seseorang baik maka akan cukup kuat melawan virus, virus corona. Pemahaman itu membuat suami-istri atau keluarga menjauh dari begadang hingga larut malam.

Mereka merasa tidak perlu tahu detail bahwa saat tidur maka kekebalan tubuh akan mengeluarkan senyawa yang disebut sitokin. Sitokin adalah kategori luas dari protein kecil (~ 5-20 kDa) yang penting dalam pensinyalan sel. Pelepasan sitokin memengaruhi perilaku sel di sekitar mereka sendiri. Sitokin dapat terlibat dalam pensinyalan autokrin, pensinyalan parakrin, dan pensinyalan endokrin sebagai immunomodulating agent. Agen imunomodulasi alias kekebalan tubuh. Agen inilah yang bertempur melawan saat terinfeksi virus.

Mereka terkadang jika terlalu lelah, tidak ambil pikir panjang untuk tidak masuk kerja. Hari itu mereka putuskan untuk diam di rumah, istirahat untuk satu-dua hari. Besok atau lusa bekerja kembali.

20160814_083828RBerolah raga sebagai bagian dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh juga mereka pahami. Olah raga membuat rasa pegel-pegel di badan menjadi hilang. Ya, karena dengan berolah raga membuat predaran darah menjadi lancar otomatis menjadi bugar. Kebugaran tubuh meningkatkan daya imun tubuh itu sendiri.

Berolah raga mereka tidak seperti orang-orang kota, mereka memanjat pohon kelapa, buahnya dikumpulkan dan dibawa ke pinggir jalan Anyer-Karang Bolong untuk dijual juga dianggapnya sebagai gerak badan alias olah raga.

Olah raga tidak harus menggunakan peralatan mahal seperti memanah, sepeda, apalgi golf! Tapi berjalan cepat atau lari di sekitar rumah pun cukup. Kita lihat olahraga murah meriah di jalan menanjak pada bebukitan seperti pada link video dibawah sangatlah mudah dilakukan, namun disesuaikan dengan lokasi sekitar anda dan ingat PSBB yang diterapkan pemerintah. Video ini berlokasi di desa lumut balai, Kecamatan Semendo Darat Laut, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Kita tidak boleh menganggap sepele pandemi Covid-19, upaya apapun harus dilakukan dan selalu mengikuti sesuai anjuran pemerintah.

Intinya dalam tulisan ini ingin mengatakan bahwa masyarakat sekitar sekolahaja.com di Anyer sebagian sudah pinter dalam menjaga stamina, inilah kekuatan utama untuk menangkis virus corona. Sepertinya mereka secara tidak sadar telah melaksanakan PHBSPerilaku Hidup Bersih dan Sehat!***

Note: Tulisan berdasarkan pengamatan amatir.



Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: