solat jumatHari buruh Internasional yang jatuh pada tanggal 1 May 2015 kemarin bertepatan dengan hari Jumat. Jakarta lumayan lengang karena  long weekend mulai Jumat, Sabtu dan Minggu. Pedagang K5 yang masuk area luar masjid Istiqlal tetap ramai seperti biasanya.

Jama’ah solat Jumat memadati dua lantai. Khutbah jumat kemarin dengan tema terkait soal korupsi. Khotib menyampaikan (kurang lebih) bahwa yang namanya muslim dan muslimah pasti wajib solat. Jika ada yang beralasan tidak sempat melakukan solat maka dia adalah pembohong besar. Satu hari 24 jam, satu hari sama dengan 1,440 menit. Taruh satu kali solat fardlu 4 menit maka sehari hanya butuh 20 menit. Hanya 1,4% saja dari jumlah menit selama satu hari.

Solat itu ‘Tanhaa anil fahsya wal mungkar, artinya mencegah fahsya dan mungkar. Fahsya adalah keji, hina dan menjijikan sedangkan munkar adalah durhaka, melanggar perintah Allah. Yang dimaksud fahsya adalah dosa besar yang mana mudlaratnya tidak hanya menimpa diri sendiri tetapi juga orang lain, seperti zina, homoseksual / lesbi.

Perbuatan mungkar itu tidak hanya merugikan diri, tetapi juga berdampak kepada banyak pihak seperti lingkungan, alam sekitarnya. Misal membunuh, korupsi.

Selesai solat jumat disambung dengan solat ghaib. Setelah itu diumumkan oleh majlis taklim agenda masjid Istiqlal setelah solat Jumat adalah ‘ceramah terkait hari buruh internasional’.*

Istiqlal Mosque video CLICK HERE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.