Crb41Setiap kota di Indonesia sepertinya berbondong-bondong memberikan ciri khasnya melalui beragam aneka souvenir. Souvenir ini bisa bermakna tanda mata, oleh-oleh, atau memento. Salah satu jenis souvenir yang menjamur di beberapa daerah atau kota dalah kaos. Sebut saja Jogja dengan Dagadu-nya atau Bali dengan Joger-nya. Masih ada daerah lain?

Blitar – Jawa Timur, kota tempat bersemayamnya proklamator dan Presiden RI pertama ini pun memiliki ciri khas dalam tampilan kaos memento-nya, foto Soekarno menjadi andalan dan salah satu ciri khasnya. Beberapa kaosnya ada yang bertuliskan jargon setempat namun mudah kita mengerti misal:

  1. Gak Perlu Tenar – Gak Perlu Sangar – Seng Penting Rejekine Lancar!
  2. Nglurug tanpa bala – Menang tanpa ngasorake (artinya, berjuang tanpa bawa pasukan menang tanpa merendahkan).





Malang – Jawa Timur, kota pelajar di Jawa Timur behawa dingin ini banyak memiliki jargon unik dari dialeknya misal: Ayas Kera Ngalam (dibalik: Saya arek Malang), Soak Ngalam (Kaos Malang), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kebumen – Jawa Tengah, kota kecil di Jawa Tengah inipun memiliki kaos yang bisa dijadikan memento. Jargon kocaknya antara lain:

  1. Bisa nggambang ora bisa nyuling – Bisa nyawang ora bisa nyanding.
  2. Arep nang ndi bae tempate, Kebumen tetep selawase.

Cirebon – Jawa Barat, kota penuh histori yang sedang berkembang pesat di Jawa Barat ini banyak mengekploitasi tempat-tempat bersejarah yang ada di kota udang ini, kekayaan kata-kata slank setempat, dan nama-nama makanan khasnya.

Crb2Jakarta – DKI Jakarta, kaos Jakarta ini banyak di dominasi gambar-gambar Monas, Benyamin S (artis kocak asli Betawi), ondel-ondel, dan bajaj.

Bandung – Jawa Barat, Palembang – Sumatera Selatan, dan kota-kota lain di Indonesia banyak yang telah memiliki kreasi kaos sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan. Kota kalian belum memiliki kaos untuk dijadikan oleh-oleh? Hehe…itu kesempatan kalian untuk menjadi disainer, produsen atau setidaknya penjual.

Kaos yang tampilannya nyentrik, keren, penuh gaya atau dengan tulisan jargon prokem atau logat khusus yang lucu dan penuh humor atau yang menyimpan istilah unik yang sederhana biasanya yang akan menjadi pilihan para wisatawan atau pembeli.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.