Kebersihan umum1Dalam benak saya Surabaya adalah kota yang signifikan dalam pencapaian sebuah kota yang bersih dan hijau. Saya katakan demikian karena separuh hidup saya di Jawa timur khususnya Surabaya dan Malang. Saya masih ingat, di tahun 1986 hingga 90-an jika saya harus ke Surabaya maka yang akan terbayang terlebih dahulu adalah kali yang kotor dan bau yang tak sedap. Ini sangat berbeda dengan Surabaya di tahun 2000-an, apalagi setelah Walikota Surabaya dipagang oleh Ibu Risma, kota Surabaya menjadi benar-benar terasa lain.

Saya tidak ingin membicarakan ibu Risma atau bukan sebagai Walikota Surabaya, ini hanya opini saya berdasarkan pengamatan sepintas selama mampir ke Surabaya beberapa kali terakhir ini.

Surabaya adalah kota (kebetulan Ibukota Provinsi Jawa Timur), kota merupakan tempat umum. Dalam sebuah kota banyak terdapat fasilitas umum. Fasilitas umum yang tertata dan bersih menunjukkan komunitas ditempat tersebut peduli terhadap aspek kebersihan dan aspek kesehatan.

kebersihan umum3Jakarta, adalah juga kota, kebetulan Ibukota Negara Indonesia. Jakarta pun banyak memiliki fasilitas umum. Wajah Jakarta dapat dilihat hampir oleh siapapun meski posisi kita jauh dari Jakarta. Kita dapat melihat Jakarta melalui televisi, bisa jadi setiap hari. Menyimakkah kita pada aspek kebersihan di fasilitas umum kota Jakarta saat kita melihat berita terkait kota Jakarta?

Dua gambar yang tampil pertama dalam artikel ini merupakan bagian dari suasana wajah Jakarta. Jakarta yang saya rasakan mulai membaik dalam aspek kebersihan. Secara subyektif saya, memang belumlah sebaik Surabaya. Tapi yang penting sudah lebih baik dari hari kemarin.

Bantaran sungai Ciliwung sudah agak enak dipandang, khususnya yang terlintas di mata ini sekitar jalan MT Haryono. Air sungainya tampak mengalir meski lembut karena tak ada lagi hambatan sampah.

Fasilitas umum lain yang tampak konsisten bersih adalah disemua Stasiun di Ibukota. Asap rokok, ludahan/dahak orang, bau pesing di WC stasiun, sampah sudah tidak ada lagi. Selain stasiun yang selalu terjaga kebersihannya adalah kawasan masjid Istiqlal dan sekitarnya. kebersihan umum0Juga kawasan perkantoran, terutama di area segitiga emasnya Jakarta terlihat bersih. Contoh-contoh area bersih di Jakarta masih banyak lagi.

Membaiknya aspek kebersihan akan berpengaruh terhadap membaiknya aspek kesehatan. Ada tiga kunci tercapainya aspek kebersihan yang baik untuk fasilitas-fasilitas umum yaitu adanya kebijakan top manajemen seagai pihak pengelola fasilitas umum dan kepedulian masyarakat umum sebagai pihak pengguna fasilitas umum.

Baik pengelola dan masyarakat pengguna harus memiliki komitmen yang sama dan menjalankannya secara konsisten. Jika itu dijalankan dengan baik, saling mengingatkan secara santun, maka konsekwensinya akan tercapailah fasilitas umum yang bersih dan sehat.

Bagaimanakah kebersihan dikamar tidur, rumah, sekolah dan kantor kita?*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.