anggitGa pernah terlintas di benak gw sebelumnya untuk kerja sambil kuliah, tp apa daya karena desakan dari orang tua dan kk yg kasih nasehat dr a–z utk melanjutkan kuliah lagi ke jenjang S1 dan akhirnya pun gw melanjutkan lagi pendidikan gw.

Sebelum gw cerita soal awal mula gw melanjutkan kuliah lagi, gw cerita sedikit  dulu ya mengenai awal mula gw kenapa dulu gw ga langsung ambil S1. Let’s see we back to 2006. Pada saat itu gw baru lulus SMA ni, biasa umur segitu masih labil2 nya gw. Setelah mendapat ijasah, di situlah orang tua gw mulai bertanya “gw mau kuliah apa n jurusan apa?“. Eng ing eng, tentu bingung dong gw ditanya begituan. Apa lg gw masih dikategorikan labil. Gw bingung pada saat itu mau ngambil jurusan apa. Karena nyokap gw tau gw kebingungan, akhirnya nyokap gw ngeluarin jurus nya dan mengeluarkan sebuah pertanyaan yang menurut gw kaya gw anak kecil yang baru 5 – 10 th yg di tanya besok lusa pengen jadi apa ? haha..

Dan keluarlah pertanyaan itu dari mulut nyokap.. gw pertama bingung sih mau jawabnya, antara percaya ga percaya dg pertanyaan nyokap. Tp, gw lihat muka mimiknya serius. Gw berusaha menenangkan diri gw, utk menjawab pertanyaan itu. Dan akhirnya gw jawab dengan sedikit ragu–ragu. Pertama gw bilang cita–cita gw banyak ga hanya satu. Mulai tuh gw sebutin atu2 ke nyokap, gw pengen jadi : dokter atau bidang kesehatan ky nyokap n bokap, jd manager suatu ph. Asing, pengusaha suksess dll (gw wkt tu berpikir sbg cadangan klo gw ga bs jd slh satu dr yg gw cita2 kan. Masih ada yg lain cita2 gw. Haha,.. ga tau diri bgt ya gw). Dari smw itu akhirnya gw mengambil jur. D3 Keuangan dan Perbankan salah satu universitas negeri yang ada di kota gw, krn gw ga lulus SPMB dan ekstensi tdk diperbolehkan sm nyokap (diluar jalur cita2 yg gw sebutin smw. Haha…).

Akhirnya gw lulus tepat tahun 2009 dan stlh itu gw bekerja di luar daerah gw. Sebelum gw lulus, gw sempet di minta nyokap utk langsung transfer ke S1. Tp, gw menolak krn pd saat itu pikiran gw mau cpt2 lulus dan kerja aja. Baru hitungan bbrp bulan lalu gw dibantai sama tu dosen2, apa gw mau balik lagi muka mereka? Ohh..tidak, menejerit gw dlm hati..(mahasiswa kurang ajar gini nih :p).

Setelah gw bekerja beberapa lama, tepatnya ditahun 2013. Mulai lagi nih nyokap berkoar2 lagi mengenai pendidikan yang intinya gw harus lanjut S1. Pada saat itu, gw diminta balik ke daerah asal gw di Sumatra untuk melanjutkan kuliah gw lagi. Tentu gw ga mau dunk, krn di situ gw pny piil (di baca pi-il klo org Sumatra bilang, artinya harga diri). Dalam benak gw pada saat itu, masa iya gw dr kecil sampai besar gw dibiayain. Skrg gw sdh kerja masih mw dibiayain lg utk gw lanjut kuliah. Gw puter otaklah pada saat itu dan alhamdulilah Tuhan kasih jalan ke gw dg mempelancar jalan gw lwt kk gw.

Mulai deh gw sm kk gw cari2 info. Mengenai universitas2 untuk lanjut S1 (krn gw ga mau asal cari sklh / universitas). Pada saat itu kk gw jg mau lanjut kuliah lg krn dia jg sm dg gw D3. Dapetlah salah satu univeristas swasta di Jkrt yg katanya dpt mempermudah untuk melanjutkan pendidikan ke S1 bagi yang sdh bekerja.

Gw dan kk gw mulai tuh cari2 info lebih lanjut, ternyata sistem kuliahnya online. Jadi bagi mahasiswa yg tdk berada di lokasi jJkrt pun bisa bergabung dan per 3 bln sekali 2x bolak balik kita ke kampus (ya lmyn lah drpd gw hrs tiap hari ke kampus. Capek boo, .. ). Ok, akhirnya kita daftar tuh kampus dan singkat kata setelah tes dll kita jd deh mahasiswi tu kampus.

Pertama–tama gw pikir, ah mudah kuliah online. Krn gw tdk harus dtg ke kampus, cm perlu modem dan laptop. Ternyata oh ternyata,,, tidak semudah yg gw pikirkan. Kebayang ga lo, lo lagi bnyk kerjaan trs dpt info dr kampus ada kuliah video converence yg sifatnya wajib bt mahasiswa kampus itu khususnya jurusan gw yg ikut dalam perkuliahan itu. Untungnya pd saat itu gw bawa tuh notebook  gw, dan gw tinggal mencari sinyal yang bagus.

Terlepas dr itu juga, ada forum yang harus kita aktif dalam forum tsb. Krn forum tsb itu juga sbg penilaian akhir selain tgs dan uas. Klo bagi gw isi forum itu tdk terlalu memberatkan, yang menurut gw paling memberatkan adalah selain kita ada tugas personal ada juga tugas kelompok. Kebayang ga lo, tugas kelompok. What? Tugas kelompok? Satu sama lain kita baru sm2 kenal, orang2 nya diacak secara sistem ga bs milih, hrs nyatuin kepribadian yg berbeda-beda dan berbeda-beda pula lokasi kita alias jauh2, belum lagi klo pd mls tuh org2 bikin tgs.

Di sini lah tantangan gw lagi dalam tgs kelompok. Enak bagi yang kebagian orang2nya rajin, gw kebagian apesnya waktu itu gw dapet org2 yg males dan jarang aktif di forum pula, kadang muncul ga diundang dan ngilang ga diusir kaya jelangkung. Kebanyang dunk gmn gw betenya, rasa nya pengen gw cincang2 tuh org2 yg mls. Akhirnya gw sm seorang tmn gw yg ngalah drpd gw ga dpt nilai, gw sm tmn gw yg mengerjakan tgs tsb dan gw jg melatih kesabaran gw untuk menghadapi org2 yg sprti itu (mungkin ada beberapa teman2 atau adik2 yg sm pnglmn yg sprt ini. Kita harus sabar, krn org sabarr pantatnyaa lebarrrr.. astagfirullaaaahal’adziiiiim:D)

anggiSelain tgs2 yg menjadi tantangan gw (gw hrs mengorbankan waktu istirahat siang dan mlm gw ), gw jg hrs bljr memanage keuangan gw sendiri. Kebayangkan gw harus bolak balik setiap per 3 bln sekali ke kampus (transport, t4 tinggal dll bikin pusing kpl). Gw tadinya sempet pesimis, apa gw bisa lanjut sampai selesai, masa iya gw harus minta sm nyokap bla bla bla banyak pertanyaan yang berkecamuk dalam hati dan pikiran gw. Tp, alhamdulillah klo kita mau berusaha dan berdoa insya allah tuhan memberikan jalan dan kemudahan buat kita.  Alhamdulilahnya lagi, saat ini gw hampir selesai. Gw sedang skripsi dan satu mata kuliah lagi. Habis itu kelarrr dehhh, wisuda lagi, pake toga lagi 😀

Intinya di sini yang gw ambil bahwa Kuliah sambil bekerja itu bisa guys, asal kita punya kemauan dan tekad yang bulat, inget cita–cita lo, lo juga bisa belajar memanage waktu dan keuangan lo juga. Selain itu lo juga bisa bertambah teman lagi dan siapa tau lo dapet kolega baru atau dapat jodoh bagi yang single :p haha (sambil menyelam minum air, asal jgn sambil buang air ya…..!).

So, Jangan takut ya buat teman–teman atau adik2 yang ingin bekerja sambil kuliah. Kata pepatah “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri china“.

Kerja Sambil Kuliah ? Gue banget !! : D*

 

 

HA – Lampung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.