kukus talas1Bogor tidak kalah menariknya dalam hal kuliner dengan Bandung. Salah satu potensi perkebunan yang banyak diolah adalah berasal dari umbi-umbian. Umbi talas!

Nama talas Bogor di Indonesia sudah sangat kesohor, doakan saja moga-moga bisa juga kesohor hingga ke Johor, Selangor, San Salvador, El Salvador, bahkan Ekuador.

Kuliner talas beragam jenis olahannya seperti menjadi perkedel, kue lapis, bola-bola, kanjoli, carabikang, bolu, kripik, dan lain-lain.

Yang satu ini olahan talas yang belum disebutkan diatas. Sengaja tidak disebutkan di alenia atas karena ini adalah rahasia pembaca dan penulis saja.

Kukus talas! Ya, inilah rahasia kita yang akan diulas disini. Kukus talas atau dalam bahasa Sunda-nya seupan taleus ini sudah sangat lama ada di kota Bogor. Beberapa kedai di dalam kota Bogor menjualnya, baik khusus seupan taleus maupun bersama olahan talas lainnya.

Kukus talas ini sangat sederhana dalam pengolahannya begitupun penyajiannya. Kukus talas adalah umbi talas yang setelah dikupas, dipotong-potong sesuai ukuran yang dikehendaki, kemudian mengalami proses khusus untuk menghilangkan getah.

kukus talas2Potongan-potongan talas tadi jika sudah melalui semua prosesnya maka siap untuk direbus atau dikukus. Pengkukusan potongan talas ini berkisar 30 menit.

Pada proses penyajian di penjual kukus talas kurang lebihnya adalah dari kukusan diambil sebanyak empat potong talas sebesar setengah telapak tangan orang dewasa dengan ketebalan sekitar 1-2 centimeter. Potongan tersebut ditaruh dalam wadah berbahan styrofoam dengan alas daun pisang. Diatas potongan-potongan talas itu kemudian ditaburi parutan kelapa lantas ditaburi parutan gula aren. Harga per porsi satu stryrofoam hanya duabelas ribu rupiah saja.

Meski kedai itu kecil, kedai kelas kaki lima, namun pembeli nyaris ada saja yang datang walau tidak harus ngantri. Pembeli bervariasi dari pejalan kaki, go-food, hingga yang bermobil sepertiga mewah. Yuk, kita lihat video pendek di kedai asongan kukus talas Bogor yang terletak di jalan Ciheuleut, kota Bogor Timur.

Bogor terkenal sebagai kota hujan, nah, sungguh sangat sedap dan mantap apabila saat hujan turun sambil makan kukus talas Bogor. Jikapun kita sedang dililit hutang namun kita makan kukus talas Bogor maka rasanya kitalah yang menjadi orang terkaya di dunia ini setelah yang lain.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.