longarm1Di website ini sudah ada beberapa postingan mengenai excavator (ekskavator). Postingan ini melengkapi postingan-postingan sebelumnya dimana kali ini dengan bahasan long arm excavator, yakni excavator berlengan panjang.


Excavator berlengan panjang atau long arm excavator dalam keseharian disebut juga long reach excavator, excavator jangkauan panjang.

Excavator merupakan alat penting dan penuh peranan, utamanya dalam sektor pertambangan dan konstruksi. Excavator di pertambangan dan konstruksi digunakan untuk pekerjaan penggalian tanah dari skala kecil hingga besar, pemangkasan bukit dari rendah hingga yang tinggi, juga dapat berfungsi sebagai peruntuh bangunan.

Beragam model excavator terdapat di pasaran. Setiap excavator dilengkapi dengan konfigurasi khusus dan digunakan untuk tugas penggalian tertentu. Salah satu model khusus yang banyak digunakan adalah excavator berlengan panjang. Excavator model ini mampu menggapai jangkauan lebih panjang dibanding model pada umumnya. Jangkauan panjang ini dimaksudkan agar bisa mencapai ketinggian lebih tinggi maupun menggapai kedalaman lebih dalam.

Excavator model ini didisain dengan boom panjang, dimana boom ini juga dikenal sebagai lengan (arm). Excavator berlengan panjang paling sering digunakan untuk menggali lubang atau parit yang dalam. Sangat sering, excavator berlengan panjang digunakan untuk pekerjaan di area sungai ataupun danau dimana excavator diposisikan diatas platform atau tongkang apung (barge).

longarm3Produk caterpillar memiliki panjang boom / arm hingga 120 feet (37 m). Ia berfungsi sebagai excavator pembongkar gedung (demolition excavator). Panjang boom / arm yang normal sebuah long arm excavator adalah 20 feet (2.4 to 6.1 m).

Bagian-bagian long arm excavator secara umum sama dengan excavator yang sering kita lihat di sekitar kita. Ia memiliki main body, cabin, boom / arm, dan bucket. Pada demolition excavator (yang benar) kaca jendela cabin-nya berupa bahan anti peluru yang kekuatannya mencapai lima kali lebih kuat dari biasanya. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi sang operator.

Beberapa model excavator berlengan panjang dilengkapi dengan penyeimbang (counterweight) berukuran besar dengan tujuan untuk mengimbangi daya ungkit boom. Mengingat excavator yang memiliki lengan panjang maka ia akan lebih berat dibagian depan atau boom / arm, itulah sebabnya diperlukan counterweight lebih berat. Perlu dipertimbangkan juga berat saat bucket terisi penuh. Jika ini diabaikan maka keseimbangan tidak terjadi pada excavator tersebut. Tipping dan terguling adalah resikonya.

Loang arm excavator bagian kaki-kakinya ada yang berupa tapak baja merayap (crawler tracks) dan ada yang menggunakan roda ban karet (rubber-wheeled tires). Kedua jenis kaki-kaki ini dalam penggunaannya bergantung pada medan yang dihadapi. Crawler tracks digunakan untuk permukaan tanah yang berlumpur, gembur, lunak. Sedangkan rubber-wheeled tires untuk permukaan rata dan keras seperti permukaan beraspal atau beton.

Selain efisien dalam pekerjaan galian yang dalam, excavator berlengan panjang memiliki masalah saat melakukan transportasi. Masalah tersebut merupakan kekurangan dari unit excavator berlengan panjang. Jika ia berjalan sendiri maka pergerakannya perlu mendapatkan extra perhatian  karena tinggi / panjang boom-nya. Hambatan jika ketemu pepohonan, instalasi kabel listrik, dan lain-lain. Biasanya excavator model ini saat di transport maka akan dilepaskan boom / arm dari main body-nya. Boom / arm diangkut dengan menggunakan truk khusus (trailer), dimana saat di lokasi tertentu boom / arm tersebut dirakit kembali (re-assembling) ke main body.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.