annurSungguh patut bersyukur bagi yang dapat mengunjungi masjid An-Nur. Bangunan masjid yang mirip Taj Mahal ini arsitekturalnya sangat terlihat campuran Melayu, Arab, India dan Turki. Nama arsiteknya adalah Ir. Roseno.

Masjid yang berkapasitas hingga 4500 orang ini letaknya tak jauh dari perkantoran pusat pemerintahan. Ia terletak ditengah kota Pekanbaru tepatnya di jalan Hang Tuah – Sumahilang.

Dari pelataran masjid yang luas terlihat sepertinya tak pernah lepas dari kehadiran para jamaah solat, sebagian dari mereka adalah jamaah yang datang sembari wisata. Masjid ini bukan saja dekat dengan pusat pemerintahan namun dekat juga dengan lokasi hotel-hotel, sebut saja hotel red planet, grand zuri, damon butik, oase, cititel, airy, amaris, dharma utama, new resty menara, whiz, delta, zuri express, citismart, dan masih banyak lagi.

Di lokasi sekitaran hotel-hotel tersebut tak sedikit tersedia warung-warung makan dari kecil hingga menengah.



Bangunan original masjid diresmikan pada tahun 1968 kemudian dirombak total dan diperluas pada tahun 2000 oleh Gubernur Riau saat itu, Saleh Djasit. Luas yang semula 4 hektar kini menjadi sekitar 13 hektar. Luas lahan di dominasi untuk taman dan area parkir yang sangat luas.

Kala sore dan pagi hari terutama di hari Minggu banyak orang yang memanfaatkan area taman dan parkir yang sangat luas itu untuk berolah raga, dari mulai jalan santai, jogging, sepatu roda, futsal, bulu tangkis dan lain-lain.

Masjid kebanggaan warga Riau ini memiliki lima kubah, salah satu kubahnya berukuran besar tepat diatas tengah bangunan. Halaman depan masjid terdapat kolam membentang panjang yang dikala siang  sangat jelas pantulan biru langit terbentang. Sungguh enak dipandang.

annurrBangunan masjid terdiri dari dua lantai. Lantai satu terdiri dari berbagai ruangan berukuran besar dengan ukuran pintunya yang besar-besar. Ruangan-ruangan itu difungsikan sebagai perpustakaan, sekretariat pengurus masjid, sekretariat remas, ruang rapat, dan lain-lain. Lantai atas digunakan untuk solat.

Tangga menuju lantai atas terdapat di tiga titik. Tangga utama terletak di bagian muka masjid, tersedia tangga diam dan tangga berjalan (eskalator) baik untuk naik maupun turun. Letak dua tangga lainnya terletak di bagian kana-kiri masjid sebelah dalam.

Interior masjid. Terdapat tiang-tiang silider besar dan panjang, sementara dindingnya dipenuhi dengan kaligrafi.

Tempat wudlu ada di beberapa titik baik di luar maupun dalam masjid. Di lantai bawah kiri dan kanan bagian dalam masjid terdapat tempat wudlu yang berbentuk barisan paralel kran air. Di bagian depan  luar terdapat beberapa bangunan tempat wudlu semacam gazebo melingkar. Sementara di lantai satu juga terdapat tempat wudlu yang letaknya tak jauh dari ujung akses tangga. Semua tempat wudlu kebersihannya cukup, hanya yang di lantai satu sangat tidak sehat bahkan bisa diragukan mengenai najis atau tidaknya, air buangan tersumbat dari dua kamar closet yang meluber ke area wudlu. Semoga segera dilakukan perbaikan tempat wudlu di lantai sati itu hingga tuntas agar dapat menjaga kemegahan wibawa masjid An-Nur.

Bicara kemegahan masjid Agung An-Nur maka berani untuk disandingkan dengan kemegahan masjid-masjid lain seperti Masjid Istiqlal Jakarta, Masjid Raya Mujahiddin Pontianak, Masjid Islamic Samarinda, Masjid Agung Akbar Surabaya, dan Masjid Agung Jawa Tengah Semarang.

Masjid Agung ini merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia, dulunya pernah dipakai sebagai kampus IAIN Sultan Syarif Kasim (sekarang UIN Sultan Syarif Kasim). Hingga sekarang area pendidikan tetap ada, dari play group hingga SMA.

Apalah arti kemegahan sebuah masjid? Jika jamaah solat subuhnya lebih sedikit dari jumlah pengunjung yang berolah raga pagi di area taman dan parkir yang luas. Apalah arti kemegahan sebuah masjid, jika sesaat mulai dikumandangkan adzan magrib maka banyak orang yang habis berolah raga di area taman dan parkir bergegas meninggalkan masjid. Lantas untuk siapa masjid An-Nur yang megah itu?***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.