RSS
Facebook

Masjid Cheng Ho Surabaya

chengho sbyMasjid Muhammad Cheng Ho bukan hanya ada di kota Palembang, melainkan ada juga di Surabaya, Pasuruan, Batam, Purbalingga dan Makassar. Bahkan Masjid Cheng Ho Surabaya lebih dahulu ada ketimbang di kota-kota tersebut diatas. Masjid Cheng Ho Surabya – Jawa Timur dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pemakaiannya pada tahun 2002. Masjid dibangun atas prakarsa PITI Jawa Timur di Surabaya dan lain-lain.

Masjid Cheng Ho Surabaya letak lokasinya berada tak jauh dari Gedung Balaikota Surabaya. Gedung masjid berada di areal komplek gedung serba guna PITI (Pembina Imam Tauhid Islam) Jawa Timur Jalan Gading No.2 (Belakang Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa), Surabaya. Masjid ini sesuai dengan namanya yang tentunya kental dengan arsitektur dan nuansa Tiongkok, selain Arab dan Jawa. Masjid ini benar-benar menyerupai kelenteng (rumah ibadah Budha). Dominasi warna merah, hijau, dan kuning menghiasi warna masjid ini. Ornamennya sangat bernuansa Tiongkok.

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya yang didisain tanpa pintu ini mampu menampung sekitar 200 jama’ah dengan luas tanah sekitar 21 x 11 meter persegi dan luas bangunan utama 11 x 9 meter persegi.

Nama masjid ini merupakan bentuk penghormatan kepada Laksamana Cheng Ho  yang asal Cina dan beragama Islam. Dalam perjalanannya di kawasan Asia Tenggara, Cheng Ho bukan hanya berdagang dan menjalin persahabatan, juga menyebarkan agama Islam. Laksamana Cheng Ho pernah berkunjung ke kawasan Indonesia yaitu di Aceh, Palembang dan beberapa tempat di Pulau Jawa. Kunjungan Laksamana Cheng Ho ke berbagai kawasan yang dikunjunginya sangat berbeda dengan kedatangan para asing lainnya yang betujuan penaklukan, beliau justru sangat menghormati kawasan yang disinggahinya.

Sudahkah kalian berkunjung ke masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya?*

  




Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: