jabal arafahMumpung transit 8 jam di Kota Batam, saya sekolahajadotcom, menyempatkan diri berkunjung dan sholat Dzuhur & Ashar di Masjid Jabal Arafah.

Masjid yang terletak di jantung kota tepatnya di jalan Imam Bonjol, Pusat Bisnis Lubuk Baja, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau ini selain halamannya luas bangunannya pun unik. Itulah yang bikin saya tertarik untuk mengunjunginya. Tak sampai satu jam dari Bandara Hang Nadim saya telah sampai di pinggiran taman Masjid, Nampak jelas sebuah menara Masjid berdiri tegak. Menara atau tower yang dimiliki Masjid ini setinggi 36 meter.

Melalui pintu gerbang utama saya berjalan kaki menuju bangunan masjid, saat itu saya sudah merasakan keasrian taman yang ada. Nampak sekali level/kontur tanah bukit yang ada benar-benar dimanfaatkan untuk keindahan dan keunikan arsitekural bangunan masjid.




Saya penasaran dengan Menara masjid. Setelah melalui pertokoan / kedai / kantin sekitar area parkiran Masjid, kemudian melewati fasilitas taman-taman dengan kolam mungil nan cantik saya menuju menara Masjid.

Saya memasuki Menara Masjid dengan menggunakan ticket infak. Di bagian belakang tiket terdapat penawaran dari pihak Masjid untuk menjadi orang tua asuh bagi anak sekolah dari level SD hingga Perguruan Tinggi.

jabal arafahhDidalam lift menuju top menara sangat bersih, naik perlahan dan tak lama sampai di anjungan top Menara. Di top Menara sudah terdapat beberapa orang. Mereka menikmati Kota Batam dari ketinggian. Ada 2 buah teropong tersedia di anjuangan yang dapat digunakan oleh para pengunjung.

Dalam top Menara saya melihat ada pengumuman dari pihak pengurus Masjid yang intinya berisi larangan berbuat maksiat antara laki-laki dan perempuan di lingkungan Masjid.

Setelah berlama-lama berada di top Menara saya turun menuju tempat wudlu, Subhanallah keren fasilitas wudlunya. Lantas naik tangga memasuki ruang solat, view sungguh enak dipandang mata dan bersih juga dikelilingi pepohonan.

Masjid Jabal Arafah ini didirikan oleh yayasan yang namanya sama dengan nama masjidnya, dimana donatur utamanya adalah Asman Abnur. Asman Abnur adalah pemilik berbagai usaha seperti Vitka (SPBU, Apotik, tempat futsal, BPR).

Foto-foto masjid lebih lengkap saya sajikan dalam bentuk video dibawah ini.

Jika kalian datang ke Batam pastikan kalian singgah di Masjid Jabal Arafah. Sungguh belumlah lengkap singgah di Batam jika tak singgah di Masjid Jabal Arafah!***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.