RSS
Facebook

Melawan Covid-19 Di Lapangan Konstruksi (Part-1) – Pendahuluan

covid1Apa Covid-19?

Ini istilah yang sudah sangat populer belakangan ini dan viral, jadi pembaca pasti sangat mengenalnya. Covid-19 adalah kependekan dari coronavirus disease 2019.

Covid-19 itu adalah penyakit pernapasan yang sangat mudah menular dimana diakibatkan oleh virus corona yang baru ditemukan. Penyakit ini pertama kali terdeteksi di Wuhan, Tiongkok pada 31 Desember 2019 dan semenjak itu virus ini menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Virus corona sebenarnya menginduk pada keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia dan sebagian hewan. Virus corona ini menyerang atau menyebabkan infeksi pernafasan yang parah sama seperti pada Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS, Middle East Respiratory Syndrome), dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS, Severe Acute Respiratory Syndrome).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHOWorld Health Organization) di tanggal 11 Februari 2020 secara resmi menamai novel ini coronavirus COVID-19. Angka 19 mengacu pada fakta bahwa penyakit ini pertama kali terdeteksi pada tahun 2019, meskipun wabahnya terjadi di tahun 2020 ini. WHO juga mendeklarasikan pada tanggal 11 Maret 2020 bahwa Covid-19 merupakan pandemik.

covid4Sumber virus corona yang baru ini diyakini berasal dari binatang. Virus ini menyebar melalui tetesan dari mulut (droplets) dan hidung seseorang yang mengandung Covid-19 setelah batuk, bersin, dan mengembuskan napas.

Penularan dari orang yang memiliki Covid-19 terhadap orang lain dapat dikarenakan menghirup tetesan ini (droplets) atau bersentuhan dengan permukaan yang telah terkontaminasi tetesan (droplets) seperti dengan menyentuh objek dan kemudian menyentuh bagian-bagian wajah.

covid2Gejala umum

Gejala umum Covid-19 adalah demam, kelelahan, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Gejala yang kurang umum dialami termasuk sakit dan nyeri, pilek, dan diare. Namun ini penting untuk diketahui, beberapa orang yang terinfeksi Covid-19, tidak menunjukkan gejala atau merasa sakit sama sekali.

Data Minggu Pertama April 2020

Hingga minggu pertama di bulan April 2020 Indonesia mencatat kasus terkait virus corona adalah 2.273 total kasus, jumlah meninggal sebanyak 198 sedangkan yang sembuh 164.

Sedangkan pada tingkat dunia catatannya sebagai berikut 1.215.926 total kasus, meninggal 65.663 orang dan sembuh sebanyak 253.689 kasus.

Sungguh angka yang sangat signifikan peningkatan baik cakupan area penyebarannya maupun angka total kasus serta angka kematiannya jika dilihat dari sejak ditemukannya kasus Wuhan pada 31 Desember 2020.

Peran masyarakat pada pencegahan Covid-19

Kesiapan dunia medis belumlah siap dalam menghadapi virus akrab dipanggil Covid-2019 ini. Obat-obatan atau vaksin khusus belum ditemukan. Kondisi seperti ini tentunya menjadi beban besar bagi dunia kesehatan di mana-mana.

Manusia secara komunitas perlu mengambil langkah-langkah yang dapat membantu dalam menunda penyebaran wabah secara eksponensial hingga obat-obatan atau vaksin ditemukan. Transparansi dan kepercayaan sangat penting untuk menjaga tanggapan yang tenang dan patuh terhadap nasihat mitigasi di antara masyarakat.

Video dibawah merupakan peran masyarakat dunia konstruksi terhadap pencegahan penyebaran Covid-19.

https://www.youtube.com/watch?v=4H_oE1X9-9s

Menghadapi pandemi Covid-19 dituntut peran masyarakat umum terutama dalam hal:

Pembatalan atau penangguhan acara-acara dengan potensi penyebaran virus corona seperti kumpul-kumpul, hajatan, kenduri, pesta-pesta.

Penerapan jaga jarak “physical distancing” untuk mengurangi kontak langsung dan interaksi yang terlalu dekat diantara orang-orang.

Mengurangi atau pembatasan perjalanan yang tidak terlalu penting, termasuk pengurangan penggunaan jasa penerbangan dan angkutan umum lainnya.

Melakukan karantina di rumah secara sukarela oleh seluruh anggota keluaga.

Penyesuaian pada perlakuan penanganan jenazah hingga pemakaman untuk meminimalkan jumlah pelayat / kerumunan dan paparan cairan tubuh dari jenazah terinfeksi.

Komunikasi yang jelas dari otoritas kesehatan pemerintah baik skala nasional dan internasional untuk memastikan informasi yang akurat demi menghindari berita hoax, palsu, rumor, dan kepanikan.***




Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: