porter bandaraSetiap tempat pemberhentian alat transportasi misal stasiun kereta dan terminal bus memiliki orang-orang yang menyediakan jasa sebagai tukang pengangkut atau yang lebih dikenal dengan sebutan porter. Bandar udara (bandara) pun memiliki porter. Para porter resmi akan berpakaian seragam seperti nampak pada gambar pertama (16/07/2015) yang diambil di terminal kedatangan (arrival terminal) bandara Soekarno-Hatta.

porter bandaraEfPara porter bandara mungkin rata-rata berumur sekitar 35 tahun. Mereka bermodal senyum, kejujuran dan tenaga untuk dapat dipersilahkan membantu oleh para pemilik barang (penumpang pesawat). Tidak semua penumpang menggunakan jasa porter terutama penumpang yang tidak menyimpan barang di bagasi pesawat. Tidak sedikit penumpang yang membawa dan mengambil barang miliknya dilakukan sendiri. Semua itu tergantung situasi dan kondisi penumpang. Para penumpang yang menggunakan jasa porter akan memberikan uang tip kepada porter sebagai imbalannya.

Pada umumnya porter dan penumpang tidak pernah ada perjanjian diawal mengenai berapa besar harga jasa, biasanya langsung diselesaikan diakhir jasa digunakan. Mereka saling mengerti, te-es-te.

porter bandaraEPada gambar ketiga ini nampak 2 porter berseragam batik (bandara Halim Perdana Kusumah) sedang membantu mengambil barang milik tuannya. Mereka menggunakan alat bantu angkut berupa troli (trolley). Troli merupakan fasilitas yang disediakan pengelola bandara bagi para penumpang.

Troli berguna untuk mengurangi terkurasnya tenaga porter/penumpang (manusia), jadi setiap barang bawaan ditaruh diatas troli. Troli berkonstruksi atas rangka dan roda. Dengan adanya roda maka terjadi efisiensi tenaga manusia, hal ini sesuai menurut teori dasar fisika bahwa pada troli hanya ada gaya gesek roda (rolling friction) sehingga beban berat hanya dibutuhkan tenaga pemindah/pengangkut jauh lebih kecil.

Pada saat arus mudik dan balik yang terjadi seperti pada saat libur lebaran tahun 2015 ini maka para porter tidak sibuk mudik ke kampung halaman, justru mereka menggunakan libur lebaran ini sebagai kesempatan emas untuk mengais rejeki.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.