bhampyDemokrasi itu apa? Yaitu bentuk atau sistem pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya; pemerintahan rakyat.

Di sekolah-sekolah yang namanya demokrasi diajarkan baik melalui teori maupun secara praktek. Secara sadar atau tidak kehidupan berdemokrasi sangat terbiasa dijalani di lingkungan sekolah, misal pemilihan Ketua & Wakil Ketua OSIS, adanya Majelis Perwakilan Siswa atau Majelis Perwakilan Kelas.

Pada tahun ajaran 2017/2018 ini SMA Plus Pekanbaru Riau sedang melakukan pemilihan Ketua & Wakil Ketua OSIS yang baru mengingat masa bakti kepengurusan yang lama akan berakhir di bulan September 2017 ini.

Ada dua pasang balon (bakal calon) Ketua & Wakil Ketua OSIS yang berpartisipasi dalam pemilihan ini. Para balon ini semuanya siswa yang sedang duduk di kelas 11. Mereka adalah Riza Thoha Mahendra (Rendra) & MB Nugraha Safaraz (Bhampy) dengan Ilham Jufandi (Ilham) & Faghas Prandima Augika (Faghas).




Andra, Ilham dan Faghas sejak kelas 10 telah duduk dalam kepengurusan OSIS di SMA Plus tersebut masing masing sebagai Sekretaris-2, anggota seksi Bidang Budi Pekerti Luhur dan sebagai anggota seksi bidang Prestasi Akademik dan Olah Raga. Sedangkan Bhampy, sejak Februari 2017 memegang posisi sebagai Ketua Generasi / Ketua Angkatan ke 19 siswa SMA Plus di bumi Lancang Kuning ini.

Proses Bhampy menduduki posisi Ketua Generasi / Ketua Angkatan 19 yang ditinggalkan Andra melalui pemilihan langsung oleh seluruh siswa angkatan 19. Berikut dibawah ini merupakan uraian singkat Bhampy kepada sekolahajadotcom mengenai pemilihan Ketua Angkatan ke 19.

Seluruh siswa angkatan 19 berkumpul di sebuah aula. Prosesi pemilihan Ketua Generasi dipimpin oleh Andra (Ketua Angkatan-19 sementara). Pemilihan dilakukan oleh seratus siswa angkatan 19 atas calon ketua yang berjumlah 30 siswa dan melalui 4 tahap voting. Setiap pelaksanaan voting dilakukan dengan cara sederhana dan efisien yaitu dengan melakukan tunjuk jari bagi pemilih untuk memilih siapa. Teknis lebih detail Bhampy menolak memberikan penjelasan dengan alasan karena ini merupakan tradisi internal SMA Plus Pekanbaru dan bukan untuk diketahui oleh umum.

Pemilihan Ketua OSIS SMA Plus Pekanbaru tahun ajaran 2017/1018, Andra berpasangan dengan Bhampy dan Ilham berpasangan dengan Faghas. Mereka berkompetisi dimana masa kampanye telah dilakukan dan acara debat telah dilalui. Debat dilakukan di aula dihadiri para siswa dan guru.

Pemilihan Ketua OSIS ini rencananya akan dilakukan pada bulan September 2017 ini. Pemilihnya selain seluruh siswa SMA Plus Pekanbaru juga seluruh guru yang membaktikan diri di sekolah tersebut termasuk Kepala Sekolah.

Proses pemilihan oleh siswa dan guru akan dilakukan dengan cara pemungutan suara kurang lebihnya meniru yang diberlakukan di negara RI. Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dengan Ketuanya Abdillah Mujahadah akan melaksanakan perhitungan suara di aula secara terbuka.

Diujung wawancara dengan sekolahajadotcom, menurut Bhampy yang merupakan siswa termuda di angkatannya, “Siapapun yang meraih perolehan suara tertinggi akan di support secara nyata oleh yang perolehan suaranya lebih rendah. Kami sedang belajar demokrasi dan sedang belajar memimpin”.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.