RSS
Facebook

Menjadi Penulis Tak Perlu Bakat!

denitaSaya berprofesi sebagai pekerja konstruksi, diluar kesibukan rutin saya memiliki banyak waktu senggang yang selalu saya gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Salah satu kegiatan mengisi waktu senggang saya adalah melukis. Melukis hobi saya.

Karena saya hobi melukis dan menghasilkan karya-karya yang bisa dinikmati teman-teman kantor maka saya selalu dikaitkan dengan aspek melukis. Melihat banyak karya lukisan saya dan beberapa kali melakukan ‘pameran bersama’ di Jakarta maka teman-teman kantor menjadi tak asing dengan saya, yang terkejut-kejut itu adalah teman-teman sekolah saya. Teman-teman SD-SMP-SMA saya hingga teman kuliah terkejut karena selama mereka kenal saya yang dahulu sama sekali tidak memperlihatkan bakat melukis!

Apa saya memiliki bakat melukis? Saya langsung tanyakan ke guru lukis saya saat itu, Pak Gaos (pelukis senior spesialis barong di kota Bogor, sudah almarhum), “Pak Gaos, saya bisa melukis ini apakah karena saya punya bakat melukis?” Beliau menjawab gak tahu, yang tahu kamu sendiri. Mendengar jawaban pak Gaos yang seperti itu saya bertanya lagi, “Apa untuk menjadi seorang pelukis perlu bakat?”, beliau menjawab ‘gak perlu, yang penting kemauan’.

Tahun berganti terus, dan sekarang saya kaitkan ‘melukis’ dengan ‘menulis’…..ternyata sama, untuk menjadi pelukis/penulis gak perlu bakat sebab yang terpenting adalah kemauan. Bahasa kerennya komit, konsisten dan konsekwen! Gak percaya ya, searching aja di mbah google, paling-paling hasil ya gitu-gitu juga. Misal, kunci menjadi penulis adalah terus berlatih, jangan cepat putus asa, disiplin, rajin baca, lingkungan, dst dan dst.

Nah, kali ini sekolahajadotcom mendapat kiriman karya tulis seorang bocah Bernama Rakanita RF, kelas 7 SMPN 4 Bogor, namun tulisan tersebut ia tulis saat ia duduk dikelas 6 SD, SDN Gunungbatu 2 Bogor. Kebetulan ia menyukai bahasa Inggris, maka berikut karyanya….pendek sih, hanya beberapa alenia. Namun inilah sebagai bagian dari berlatih dan berlatih, bukankah tulisan yang bagus itu tidak mesti panjang?

Ever since I was a little girl, I have always wanted to be an architect because an architect can design interesting and beautiful buildings.

denitaI admire many architects all over the world. Even though being an architect is hard, I am sure that I can be a good architect because I am a hard working girl.

am sure that I can reach my dream because I can draw well, make interesting buildings, and I am creative. At home I always practice to draw buildings.

Sometimes I buy and read magazines about buildings. My mom told me that I have to work with other people and be a good listener too. I really love to talk with other people, and I am sure I can be a communicative architect. If I work hard from now I can reach my dream.*




Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: