shoestips2

Safety shoes, sesuai namanya maka berfungsi sebagai sepatu keselamatan. Tujuannya adalah berusaha menyelamatkan bagian kaki pemakainya saat mengelami kejadian atau kecelakaan yang berpotensi mencederai kaki yang dilindungi safety shoes.

Harga safety shoes yang semahal apapun tetap saja tidak ada apa-apanya jika kita bandingkan dengan keselamatan kaki penggunanya.

Harga safety shoes di pasaran sangat bervariasi, dari yang paling murah hingga termahal. Semua harga tergantung dari kualitasnya, juga branded atau tidaknya.

Pada umumnya safety shoes yang disediakan perusahaan tempat bekerja berharga pada ‘level layak’ pakai dari sisi keselamatan. Namun ada beberapa individu yang sengaja merogoh kantongnya sendiri demi memiliki safety shoes yang berkualitas sangat baik dan mahal tentunya.

Kualitas sangat baik artinya memenuhi fashion, terbuat dari kualitas bahan terbaik, nyaman dipakai dan sudah barang tentu sesuai tujuan utamanya yaitu dapat melindungi kaki sipemakainya.

Safety shoes berkualitas sangat baik yang kita miliki akan menjadi sia-sia jika kita tak menghiraukan bagaimana cara merawatnya. Mengabaikan perawatan menjadikan safety shoes yang kita miliki menjadi nampak sebagai barang second atau beli bekas.

Artikel ini merupakan tips paling penting untuk para pemilik dan pecinta safety shoes berkualitas baik (baca: mahal).

Dengan sedikit meluangkan waktu untuk merawat safety shoes secara tepat akan menambah lifespan alias waktu pakainya, juga tetap mejaga higienis. Jadi tips ini adalah sebagai the most simple nice actions agar safety shoes memiliki lifespan lebih panjang dan tidak menjadi kontributor terhadap masalah pada kesehatan kaki.

shoestips3Tips ini sebetulnya sebuah rahasia yang tidak boleh diceritakan ke siapa-siapa, tapi karena anda terus membacanya maka saya pun rela membuka rahasia ini. Rahasia cara merawat safety shoes yang paling praktis:

  1. Simpan safety shoes pada tempat bersuhu kamar, tidak lembab untuk menghindari penjamuran.
  2. Saat pemakaian safety shoes di lapangan selalu hindari bagian tajam yang dapat menggores permukaan sepatu dan juga menginjak benda-benda tajam yang dapat merobek bagian solnya.
  3. Bersihkan safety shoes secara teratur atau rutin.
  4. Bersihkan debu, lumpur dan kotoran dengan lap bersih yang basah lembab kemudian biarkan mengering pada suhu kamar.
  5. Jangan sekalipun mengeringkan safety shoes yang basah (misal kehujanan) pada sinar panas matahari langsung, karena dapat mempercepat rusaknya kemulusan permukaan kulit bagian atas, misal menyebabkan kulit pecah.
  6. Pada permukaan kulit bagian atas, oleskan semir lilin berkualitas tinggi atau krim sepatu secara teratur.
  7. Jika safety shoes yang anda miliki jenis nubuck atau suede, harus digosok dengan cara lembut menggunakan sikat berbulu yang kaku. (Soal nubuck & suede diposting pada artikel lain).
  8. Periksa secara teratur bagian sol, bersihkan lumpur atau bebatuan kecil yang melekat.
  9. Jika tali safety shoes sudah nampak aus atau rusak, segera ganti yang sesuai (jangan sekali-kali diganti dengan tali alakadarnya, misal tali bekas kolor).***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.