5s5S adalah metode penataan dan pemeliharaan wilayah kerja secara intensif yang berasal dari Jepang yang digunakan oleh manajemen dalam usaha memelihara ketertiban, efisiensi, dan disiplin di lokasi kerja sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan secara menyeluruh. Penerapan 5S umumnya diberlakukan bersamaan dengan penerapan kaizen agar dapat mendorong efektifitas pelaksanaan 5R.

Seiri = Ringkas

Ringkas, merupakan kegiatan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan sehingga segala barang yang ada di lokasi kerja hanya barang yang benar-benar dibutuhkan dalam aktifitas kerja.

Seiton = Rapi

Rapi, segala sesuatu harus diletakkan sesuai posisi yang ditetapkan sehingga siap digunakan pada saat diperlukan.

Seisou = Resik

Resik, merupakan kegiatan membersihkan peralatan dan daerah kerja sehingga segala peralatan kerja tetap terjaga dalam kondisi yang baik.

Seiketsu = Rawat

Rawat, merupakan kegiatan menjaga kebersihan pribadi sekaligus mematuhi ketiga tahap sebelumnya.

Shitsuke = Rajin

Rajin, yaitu pemeliharaan kedisiplinan pribadi masing-masing pekerja dalam menjalankan seluruh tahap 5S.

5s11Kaizen merupakan istilah bahasa Jepang yang bermakna “perbaikan berkesinambungan”. Filsafat kaizen berpandangan bahwa hidup ini harus fokus pada tindakan perbaikan secara terus menerus. Kaizen lebih pada ranah dunia kerja, namun tentunya dapat kita sesuaikan untuk area sekolahan, bukankah sekolahan juga merupakan dunia kerja bagi para guru?! Dalam dunia kerja, kaizen melibatkan level terbawah hingga yang tertinggi tanpa kecuali maka di sekolahan pun tetap bisa menyesuaikan.

Satu sekolah di kota Parepare, Sulawesi Selatan yakni SD Negeri 43 sangat teratur menerapkan metode 3R (bukan/belum 5R). Kepala sekolah SDN 43 Pare pare yang dilantik pada tahun 2009, Ibu Tiome Siagian S.Pd, M. Si dan timnya bersama-sama menggerakkan para guru dan seluruh siswanya menerapkan 3R. Gerakan 3R telah merubah tampilan dan suasana sekolah.*

Baca juga: Kebersihan Fasilitas Umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.