mobile phone at construction site

Gadget berasal dari bahasa Inggris yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus dan selalu mengalami perkembangan. Contoh phablet, handphone, tablet, laptop, camera, dan lain-lain. Dizaman modern seperti sekarang ini manusia menguasai penciptaan dan rekayasa gadget, disisi lain gadget menguasai sebagian kehidupan manusia.

Gadget diciptakan penciptanya untuk memenuhi kebutuhan manusia secara praktis, disisi lain gadget dapat membunuh kehidupan manusia dalam arti real maupun unreal. Kita pernah baca atau mendengar rentetan kecelakaan transportasi gara-gara disebabkan penggunaan handphone seperti kecelakaan pesawat terjadi karena pilot kecanduan poto selfie.

Kita juga pernah mendengar atau membaca bahwa selfie merupakan pembunuh manusia tertinggi. Kita pernah melihat (mungkin di youtube) video tentang kecelakaan pejalan kaki yang tertabrak kendaraan bermotor karena sipenggunanya asyik bermain hp. Nah, hal seperti ini pun merambah ke dunia lapangan konstruksi.

Apakah penggunaan mobile phone (hp) dilarang digunakan di lapangan konstruksi? Tentu saja tidak. Pada umumnya lapangan konstruksi tidak mengatur secara khusus mengenai penggunaan hp (bisa jadi kecuali memasuki fase commissioning/persiapan operasi). Meski tidak dilarang namun yang perlu diperhatikan secara serius adalah untuk apa dan dimana si hp digunakan di lapangan konstruksi. Dapat disarankan pemakaian hp di lapangan konstruksi diizinkan jika, antara lain: sangat erat kaitan dengan pekerjaan (misal: ambil gambar), pembicaraan melalui hp dilakukan ditempat yang dianggap aman dari potensi bahaya (misal: bahaya kejatuhan benda) atau dilakukan ditempat yang telah ditentukan.

Kebiasaan buruk orang yang sedang bermain hp atau game di hp maka ia hanya akan fokus pada hp yang digenggamnya dan melupakan sekelilingnya, hal seperti ini membahayakan sipenggunanya. Sedangkan kebiasaan buruk orang yang sedang berbicara ditelepon, bisa jadi orang itu akan berbicara dengan lawan bicaranya tanpa disadari orang itu sambil berjalan kian kemari dengan fokus tetap pada hp dan melupakan sekitarnya yang mungkin sangat membahayakan dirinya.

Video  berikut hanya ingin menunjukkan saat penggunaan hp (jenis gadget) di lapangan konstruksi yang kita ketahui sebagai area penuh dengan rambu karena banyak sumber bahaya dan resiko. Click here.*

 

2 thoughts on “Mobile Phone @ Construction Site”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.