Motor grader sering disebut juga road grader, namun orang kita (orang proyek) sering menyebutnya ‘grader’ saja. Motor grader adalah salah satu peralatan berat (heavy equipment) yang fungsi utamanya sebagai perata permukaan tanah. Seperti nampak pada gambar, secara umum, motor grader merupakan kendaraan berat berbentuk panjang dengan dilengkapi pisau (blade) dibagian bawah kerangka (frame)nya.

Motor grader pada proyek konstruksi civil sangat dibutuhkan saat pembangunan jalan. Grader berfungsi sebagai perata permukaan jalan yang sedang dibangun sebelum penghamparan aspal. Grader juga dapat digunakan sebagai pembersih salju di negara-negara bertemperatur rendah. Perataan tanah maupun pembersihan salju tersebut dengan menggunakan blade-nya itu.

graderrKarena grader dapat sebagai perata permukaan jalan maka grader sering difungsikan pada pekerjaan perawatan jalan, mengupas tanah, menyebarkan material ringan.

Grader umumnya memiliki tiga as roda. Dua as roda terbelakang menopang mesin dan kabin sementara roda as ketiga terletak dibagian terdepan. Posisi blade terletak antara as roda belakang dan as roda depan.

Blade pada grader berbeda dengan blade pada bulldozer yang posisinya dibagian paling depan. Kekuatan dorong pada grader lebih ringan dibandingkan dengan bulldozer.

Pembaca dapat melihat bagaimana alat berat motor grader saat bergerak dan saat beroperasi meratakan permukaan tanah melalui video berikut ini. Semoga video ini sangat membantu bagi yang belum sekalipun melihat alat berat yang satu ini.

https://youtu.be/HYYLh44W2kU

 

Sejarah

Grader pertama kali ditemukan oleh J.D. Adams pada tahun 1885. Saat itu pisau (blade) ditarik oleh sekelompok sapi, keledai atau kuda. Di awal abad 20, grader blade ditarik oleh traktor uap atau crawler tractor.

Teknologi berkembang, grader blade dikendalikan dengan tangan operator memalui engkol (cranks), batang besi bergerigi (racks) dan pinion. Pada tahun 1920an dikembangkan power controls, masih kombinasi mekanis dan hidrolik. pada Tahun 1935 kontrol hidrolik mendominasi ketimbang sistem mekanis.

Secara historis grader tak dapat dipisahkan dari dunia tambang dimana difungsikan untuk maintain jalanan yang dilalui oleh truk-truk tambang yang berukuran sangat besar.

Lebih dari setengah abad lalu banyak pabrikan (manufacturer) mulai mengembangkan grader berukuran besar meski dalam jumlah terbatas. Pada tahun 1955, Galion Iron Works Manufacturing Co.’s memproduksi grader model T-700 ini merupakan grader terbesar saat itu dengan bobot 18.143 kg (40,000 lbs) dan bertenaga kuda 190 Hp. Lantas pada tahun 1988 perusahaan ini melakukan joint venture dengan Komatsu dan memproduksi GD825A-2 dengan bobot 26.421 kg dan berdaya kuda 280 Hp.

Sejarah inovasi grader terus berkembang, O&K’s G-350 diperkenalkan oleh ACCO, grader dengan bobot 181.437 kg (400.000 lbs) dan 1.700 Hp, dengan 12 roda dan menggunakan blade panjang 10 meter (33 ft).

Bagian-bagian Utama

Bagian utama grader dikelompokkan dalam enam bagian utama yaitu bagian penggerak (prime mover), kerangka (frame), sacrifier, circle, drawbar, dan movable blade (moldboard).

grader zulfakar1Prime mover merupakan bagian penggerak yang terletak di roda bagian belakang. Roda depan grader bisa dimiringkan hingga 20 derajat sehingga menyeimbangkan mesin secara horizontal moldboard sudut vertikal.

Frame merupakan penghubung penggerak atau prime mover dan as roda depan. Posisi frame cukup tinggi, hal ini dimaksudkan agar grader mudah dalam maneuver.

Sacrifier merupakan bagian grader yang dikendalikan dengan sistem hidrolis.

Circle (turn table) merupakan bagian grader yang bentuknya menyerupai cincin dimana bagian dalam sisi luar bergigi. Circle ini berfungsi menggerakkan blade agar dapat berputar.

Drawbar merupakan bagian grader berbentuk huruf V atau T. Drawbar ini menghubungkan circle dengan bagian depan grader.

Moveable blade (moldboard). Grader dilengkapi pisau atau blade yang bisa digerak-gerakkan (moveable blade), dikenal dengan nama moldboard. Umumnya ukuran standar moldboard dari 3 hingga 4,9 meter (10 to 16 ft), namun ada juga yang hingga 7,3 meter (24 ft). Besar kecilnya ukuran moldboard tergantung dari tuntutan kerja. Moldboard yang dipasang pada grader normalnya dalam konfigurasi lingkaran. Moldboard ini dipasang dibawah kerangka (frame) grader.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.