Selama liburan sekolah dibulan puasa ini kalo di rumah aja bisa bete juga kan?! Kalo pilih keluar rumah maka pasti akan ada keluar duit. Duit ada tapi buat biaya sekolah bukan untuk ngabuburit. Tapi, masak di rumah terus, gak gaul sama temen-temen. Aduuh bisa-bisa kuper donk!

ngab2Duhhh, kayaknya pelit banget ya masak mau pergi ngabuburit saja pakai hitung-hitungan segala. Tapi begitulah adanya disekitar kita terutama bagi remaja yang hidup di perkotaan, ngabuburit perlu duit. Pergi naik mobil atau sepeda motor pasti butuh duit, naik angkot pun perlu duit. Lepas dari itu semua ada beberapa kegiatan di lingkungan rumah yang dapat dilakukan sebagai aktifitas ngabuburit. Bahkan aktifitas itu tidak hanya sebagai ngabuburit belaka namun juga sangat bernilai ibadah. Beberapa aktifitas tersebut tersaji dalam tulisan dibawah ini.

Bersih-bersih rumah. Pernahkah kita dikenalkan dengan istilah 5R atau 5S disekolah? 5R = Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin, sedangkan 5S = Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke. 5R bermakna sama dengan 5S. Kita bisa mengamalkan atau mempraktekkan ilmu 5R atau 5S tersebut untuk lingkungan rumah kita. Membersihkan dan merapihkan rumah berarti kita menggunakan energi ditubuh kita untuk membantu orangtua kita dalam merawat kebersihan dan kerapihan rumah. Membantu orang tua adalah salah satu bakti kita kepada orang tua. Membantu orang tua dalam kebajikan merupakan bagian yang masuk dalam kategori wajib dalam konteks agama.

Bagi kita yang sudah terbiasa setiap hari membantu merawat dan membersihkan rumah maka bukanlah sesuatu yang berat untuk dilakukan meski dalam keadaan berpuasa. Namun, jika kita termasuk yang tak terbiasa melakukan hal tersebut maka bulan puasa ini adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Mungkin bagi kita yang sama sekali tidak terbiasa melakukan membantu membersihkan dan merapikan rumah maka dapat dimulai dari hal paling ringan atau space terkecil dahulu. Memulai dari yang paling ringan dahulu misal mengambil jemuran baju yang telah kering dan meletakkannya dimeja setrika, sedangkan memulai dari space yang terkecil terlebih dahulu, misal membersihkan dan merapihkan kamar tidur kita sendiri. Dimulai dari yang paling ringan dan yang paling kecil berlanjut dihari berikutnya dengan kegiatan yang sama atau meningkat ke yang lebih besar misal membersihkan kamar mandi, dihari berikutnya lagi bersih-bersih garasi dan seterusnya. Kebersihan adalah sebagian dari iman!

ngab1Baca buku. Buku adalah ilmu. Buku adalah jendela dunia. Semakin banyak membaca semakin banyak ilmu yang kita punya. Ada orang suka belanja buku (shopaholic), menggebu-gebu ingin membeli dan membaca beberapa buku saat ada di toko buku namun setelah buku-buku itu syah menjadi miliknya malah ia kemudian melupakan buku-buku itu saat tiba di rumah. Membiarkan buku-buku yang pernah dibelinya itu begitu saja hingga berbulan-bulan bahkan terlupakan sama sekali. Jika orang yang suka belanja itu adalah kita, bisa jadi kita sedang menderita penyakit mental yang disebut compulsive buying disorder.

ddnyca dhef ngajiJika kondisi rumah kita bersih-rapi karena kita rajin bersih-bersih rumah ditambah lagi suasana rumah yang tenang maka membaca buku merupakan langkah selanjutnya. Bacalah buku yang paling kita suka, yang paling kita butuhkan, yang paling menarik buat kita. Jika buku-buku di rumah telah habis kita baca, sangat tidak salah jika kita mencoba membacanya kembali untuk melatih daya ingat kita. Tidak sedikit orang berhasil menguasai ilmu karena ia tak bosan dalam mengulang-ulang apa yang ia baca. Membaca dan menguasai ilmu adalah kewajiban yang tertuang dalam kitab suci kita!

Mengaji. Istilah ‘mengaji’ sangat familiar buat telinga orang Indonesia. Ada dua pendapat asal kata ‘mengaji’, yang pertama, mengaji adalah dari bahasa Jawa yakni ‘ngaji’ yang bermakna sanga (sembilan, 9) dan siji (satu,1). Maksudnya 9 lubang pada tubuh kita (2 mata, 2 telinga, 2 hidung, 1 mulut, 1 anus dan 1 kelamin) dipusatkan untuk mengerjakan satu (siji) tujuan yakni menuntut ilmu. Mengaji dalam bahasa Arabnya adalah Tolabul Ilmi (menuntut ilmu). Menuntut ilmu disini tentunya yang akan lebih mendekatkan diri kita kepada sang Khalik (taat) dan bukan sebaliknya (maksiat).

Mengaji menurut pendapat kedua adalah berasal dari ‘me+kaji’, maksudnya menelaah sumber pengetahuan atau suatu ilmu. Dari dua pendapat diatas, asal-usul kata ‘mengaji’ pada akhirnya bermakna sama yakni terkait dengan menuntut ilmu.

Bentuk mengaji bisa berupa mendengarkan ceramah agama, membaca buku dan lain-lain. Hanya saja yang dimaksud mengaji disini adalah simple saja yakni membaca Alquran. Bacalah alquran sebagai bagian dari kegiatan ngabuburit, walupun membacanya terbata-bata.

Janji Bersih DiriMelukis atau menulis. Ngabuburit yang mengasyikkan adalah dengan menyalurkan hobi. Seseorang akan asyik jika ia sedang melakukan kegiatan yang sesuai hobinya, biasanya bisa lupa waktu. Hobi disini adalah terkait dengan membaca dan mengaji yakni melukis atau menulis kaligrafi. Bisa juga menulis masa lalu kita yang paling kita kenang atau yang paling pahit sekalipun.

Banyak membaca akan memperbanyak ilmu dan kosa kata yang kita punya. Jika kita banyak membaca maka kita akan begitu mudah dalam mebentuk rangkaian kata saat menulis. Menulis atau melukis cukup dengan peralatan yang telah kita punya saja, pinsil dan kertas sudah cukup yang penting gelora didada tertumpahkan membentuk suatu wujud yang mengasyikkan.

Bermain di rumah. Rumah adalah tempat segalanya dalam hidup. Rumah bersih, rapih, suasana tenang apalagi dengan halaman yang asri adalah idaman setiap orang. Rumah tidak harus besar untuk memenuhi bersih, rapih, tenang dan asri. Rumah bersih, rapih, tenang dan asri tidak bergantung pada besar atau kecilnya ukuran melainkan ditentukan oleh penghuninya. Penghuni yang berakhlak baik akan menghasilkan kondisi dan suasana rumah seperti yang kita idamkan.

Rumah dapat dijadikan tempat ngabuburit misal dengan mendengarkan ceramah agama di radio atau televisi, bermain dan bercanda dengan adik-kakak, bermain game di hp atau komputer, bercanda dengan hewan peliharaan. Kita mungkin sengaja atau tidak sengaja memiliki hewan peliharaan seperti ayam, kucing, kelinci, marmut, burung, hamster dan lain-lain, nah, bercandalah dengan mereka sejauh yang kalian bisa.

ngab3Bermain di rumah tidak sebatas didalam rumah, dihalaman rumah pun dapat dijadikan area beraktifitas untuk ngabuburit. Aktifitas dihalaman rumah bisa berupa melakukan sesuatu atau hanya sekedar bermain. Melakukan sesuatu itu misalnya menyapu halaman rumah, mencabut rumput liar, merawat dan mengkembangbiakkan tetanaman atau bebungaan. Sedangkan bermain di halaman rumah dapat dilakukan semisal bermain catur, dakon, karambol, monopoli atau bermain diketinggian. Bermain diketinggian itu maksudnya manjat pohon. Memanjat pohon itu memiliki keasyikan tersendiri, silahkan lakukan saja dan rasakan sensasinya.

Olahraga. Puasa bukan berarti terlalu menghemat tenaga atau takut capek karena beraktifitas. Aktifitas pasti memerlukan energi namun saat puasa bukan berarti tubuh kita tak butuh olahraga. Tubuh kita yang berpuasa pasti membutuhkan kebugaran, terutama bagi pria dan wanita yang selalu menjaga tubuh ideal. Karena untuk ngabuburit, maka pilihan jam berolahraga disaat puasa dapat dilakukan 30 menit hingga 2 jam sebelum saat berbuka.

Tidak semua bentuk olahraga dapat dilakukan dalam aktifitas ngabuburit, misal berenang. Umumnya bentuk olahraga yang sesuai dijadikan pengisi jam ngabuburit adalah olahraga dalam bentuk permainan misal bulutangkis, pingpong, basket, futsal dan lain-lain. Jogging, juga berlari dapat dijadikan pilihan untuk ngabuburit.

Olahraga pada saat berpuasa perlu dihindari jika dilakukan secara berlebihan, saat kondisi kurang fit atau lelah karena terlalu banyak begadang.

ngab4Tidur. Tidur boleh-boleh saja dijadikan pilihan sebagai aktifitas ngabuburit. Pilihan ini dapat diambil jika kondisi kita terlalu lemah dalam menahan haus dan lapar. Biasanya dilakukan oleh adik-adik yang masih dalam tahap belajar berpuasa. Perlu diingat, ‘tidur’ jangan dijadikan pilihan utama tapi jadikanlah pilihan terakhir (the last resort) sebagai aktifitas ngabuburit. Tidur menjelang magrib adalah sesuatu yang buruk.

Insya Allah semua aktifitas diatas dapat bernilai ibadah, kegiatan mana yang paling kalian sukai itulah yang kalian lakukan. Lakukan diusahakan tidak sendirian, lakukanlah bersama adik-kakak, teman agar suasana lebih menyenangkan dan akan sungguh indah untuk dikenang dikemudian hari.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.