sungai suciPantai ini terletak di Kota Bengkulu, tepatnya di desa pasar pedati, kecamatan pondok kelapa, Bengkulu Tengah.

Pantai ini hanya berjarak 15 Km dari pusat kota Bengkulu dan sekitar 25 menit dari bandara Fatmawati Soekarno. Menggapai pantai ini mudah sekali dari jalan lintas Barat Sumatera baik dengan jalan kaki ataupun beragam kendaraan seperti sepeda kayuh, sepeda motor, dan mobil. Ya hanya dengan jalan kakipun kita bisa mencapai pantai Sungai Suci dalam 10 hingga 30 menit dari pintu lorong masuk area pantai karena hanya berjarak sekitar 600 meter. Jalanan di lorong sudah kondisi aspal namun lebarnya sekitar 2,0 meter saja.

Terlepas pernah ke Bali atau belum maka siapapun pengunjung pantai Sungai Suci akan teringat secara spontan pantai Tanah Lot di pulau Bali.

Sekitar 100 meter dari bibir pantai Sungai Suci ini kearah laut ada batu besar yang mirip tanah lot. Batu besar tersebut dapat digapai dengan melalui jembatan gantung. Jembatan yang dapat memacu adrenalin kita. Tepat dibawah jembatan gantung itu gedebur ombak lumayan kencang terutama saat air pasang.

Jika Pantai Panjang Bengkulu bentangan pantainya mencapai hingga sekitar 7 Km, berbeda dengan pantai Sungai Suci ini yang berkisar 2 Km saja, meski demikian memiliki keindahan yang sunguh exclusive!

Kenapa nama pantai ini Sungai Suci? Sekolahajadotcom menanyakan hampir kepada siapa yang ada disana namun jawabnya “ini hanya sebuah nama pantai”. Di pantai itu tak ada satupun sungai.

Saat sokolahajadotcom mengunjungi kampung Arab ditepian sungai Musi Palembang pada tahun 2017 silam, mereka menyebut bibir sungai ke darat disebut pantai Musi, sedangkan orang Bengkulu memberi nama pantai dengan menggunakan kata sungai. Sungguh unik!

Keindahan Sungai Suci tak terhitung. Tidak hanya tersedianya dua jembatan gantung. Itu buatan manusia. Coba kita lihat keindahan pantai Sungai Suci ini satu persatu.

Jika kita sudah memasuki lorong beraspal sekitar 30 meter mata kita sudah dapat melihat dinding bebatuan tepi pantai Sungai Suci. Suara hempasan gedebur ombak mulai terdengar. Pepohonan khas pantai menambah sempurna keindahan.

Air laut secara terus menerus memantulkan warna langit, terkadang biru, terkada kehijauan, dan tentunya berkombinasi dengan putih buih membentuk garis yang tak pernah lurus. Garis-garis buih itu lantas terlempar ke tepi pantai terjauh.

Kita dapat mengambil posisi diatas bebatuan cadas yang mana gulungan ombak berulangkali menghantamnya. Mata merasa takjub dengan pecahan dan cipratan air yang terlihat begitu dinamis sekaligus bernilai seni tinggi.

sungai suci1Tersedianya saung-saung tempat yang nyaman bagi penghujung untuk berteduh di titik-titik tertentu. Kebanyakan saung menghadap pantai lurus ke arah samudera Indonesia.

Dari posisi saung kita dapat memandang lepas sejauh-jauhnya sebatas mampu mata kita hingga samudera Indonesia. Sesekali jenis-jenis burung laut melayang, terkadang begitu dekat ditangkap mata.

Pasir putih nan lembut terhampar dan kita dapat memandangnya dari posisi ketinggian diatas cadas bebatuan.

Bengkulu, khususnya Kota Bengkulu banyak memiliki obyek wisata yang unik, menarik dan cantik. Pantai Suci ini tak boleh terlalu lama kecantikannya disembunyikan.***

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.