rusa plbg2Dalam komplek PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) tidak hanya terdapat pabrik pupuk, perkantoran dan perumahan saja namun banyak fasilitas lain didalamnya antara lain penangkaran rusa. Penangkaran rusa yang nomor izin SK-66/IV-K.8/2008 tanggal 9 Juni 2008 ini mempunyai lahan yang cukup luas dan sangat layak dengan jumlah rusa yang ada di area penangkaran.

Rusa yang dalam penangkaran ini berjenis rusa tutul atau chital dengan nama latin axis axis yang berasal dari India dan Srilanka. Jadi rusa ini bukanlah asli Indonesia. Terlihat ada beberapa rusa kecil dalam penangkaran Pusri, ini menunjukkan bahwa jenis rusa ini dapat berkembang biak secara baik di area Pusri.

Jenis rusa India dan Srilanka yang lucu dan cantik ini pertama kali didatangkan ke Indonesia oleh Thomas Standford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris pada tahun 1411 dan ditempatkan di Istana Bogor. Rusa tutul disebut juga “cheetal” atau rusa chital. Dalam bahasa Inggris fauna identitas kota Bogor ini disebut sebagai chital, axis deer, Indian spotted deer. Rusa jenis ini masih satu genus dengan rusa Bawean, Jawa Timur.

Makanan rusa ini adalah rumput daun-daunan. Kisaran umur rusa antara 10 hingga 15 tahun dengan tingi mencapai 90-100 sentimeter. Sedangkan berat badan rusa dewasa berkisar 50-70 Kg (jantan) dan 40-50 Kg (betina).

Kenapa disebut rusa tutul? Karena pada jenis ini dibulu tubuh rusa tersebut terdapat tutul-tutul putih dengan dasar utama coklat.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.