bham kagetBayangkan kamu berada disuatu tempat yang benar-benar baru, sendiri tanpa siapa, malam hari, remang sinar rembulan, dingin dan sepi. Apa yang kamu rasakan? Kamu merasakan takut, ingin nangis, degdegan, dan sia-siap berlari tanpa arah tujuan sambil menjerit sekuat-kuatnya??! Pernahkah kamu merasa tegang seperti itu?

Ayo bayangkan sekali lagi. Sekarang kamu bayangkan bahwa kamu sedang bercerita dengan Ayahmu soal nilai-nilai dirapotmu, kemudian Ayahmu menyanjung perjuanganmu dalam menggapai prestasi sekolah dan lantas Ayahmu memelukmu erat-erat. Apa yang kalian rasakan? Senang ‘kan?!

Yuk kita bayangkan yang lainnya, kali ini kamu coba membayangkan sehabis makan siang dihari yang terik lantas kamu tiduran beralas kasur dibawah pohon rindang sambil rambut kepalamu dibelai-belai sang Ayah atau Ayahmu mengusap-usap punggung kalian. Apakah yang kalian rasakan? Kalian tentunya merasa nyaman, tenang dan bisa terkantuk-kantuk bukan?

Kenapa kalian terkadang merasa tegang, terkadang senang, terkadang tenang? Apa yang terjadi dalam tubuh kalian? Ayo kita cari tahu yuk …...

Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan tubuh manusia secara alami. Begitu dikeluarkan, hormon akan dialirkan oleh darah menuju berbagai jaringan sel dan akan menimbulkan efek tertentu sesuai dengan fungsinya, misalnya membentuk lekuk tubuh wanita dan pria yang berbeda, perilaku feminin, maskulin, perubahan suasana hati, senang, sedih, bahagia, takut, marah, bahkan jerawat yang tumbuh di wajahpun bisa menjadi salah satu “kerjaan” si hormon ini.

Ada banyak hormon dalam tubuh manusia dimana para hormon ini memiliki tugas masing masing yang sangat khusus. Yuk kita cari tau tugas beberapa hormon yang jelas-jelas berpengaruh dan terlihat dalam tindak-tanduk kita sehari-hari.

Jika kita dalam kondisi di malam hari yang benar-benar sunyi kemudian mendengar suara-suara aneh (misalnya), wow kita akan merasa tegang dan bisa merasakan bulu kuduk kita berdiri. Jantung degdegan (berdetak cepat), menggigil dan takut sekali, saat inilah hormon mulai menjalankan tugasnya. Si Kortisol-lah yang membuat kita merasa stress, kemudian hormon adrenalin akan muncul merangsang fungsi tubuh kita untuk meng-counter situasi stress yang tinggi ini. Adrenalin-lah yang “menawarkan” tubuh kita ini untuk melawan atau lari ngacir. Jika kita memilih melawan, tubuh kita akan menghasilkan lebih banyak adrenalin untuk menangani situasi tersebut, pada proses ini juga akan terkirim lebih banyak oksigen ke paru-paru. Hal ini penting ketika kita sedang menanggapi “keadaan darurat”.

Jika kita memilih lari, maka dalam tingkat ini adrenalin akan dengan cepat menurun dan kembali lagi kepada fungsi normal. Dan jika kita tetap diam dimana sangat merasa ketakutan dan sedih, dalam situasi stress seperti itu, maka si hormon adrenokortisol akan berperan untuk memicu kortisol kembali muncul. Apa yang dilakukannya?  Ia akan menyeimbangkan senyawa kimia dalam tubuh dengan mengeluarkan air mata. Pada saat air mata keluar itulah senyawa kimia kembali stabil sehingga tubuh akan merasa lebih lega.

bham plk DdNycaPerasaan kita akan berbeda dengan diatas jika kita sedang bertemu dengan orang yang sangat kita kenal dan sangat menyayangi kita, misal Ayah kita. Saat Ayah memeluk kita, kita sangat merasa tenang dan bahagia, kita merasa nyaman, disaat-saat itulah muncul yang namanya hormon kebahagiaan, endorphin. Sebenarnya endorphin sudah mulai diproduksi saat kita mengalami stress, fungsinya untuk menyeimbangkan. Dan saat menangispun, otak akan melepas endorphin sehingga kita merasa lega. Endorphin bekerja bersama neorotransmiternya bernama serotonin yang mempengaruhi suasanan hati.

Nah, saat rambut kita dibelai dan punggung kita di usap-usap oleh orang yang kita kenal atau orang yang sayang sama kita (misal Ayah, Kakak kandung) maka kita akan merasa nyaman…. nyamannya itu karena ulah si hormon endorphin yang mengalirkan senyawa kimianya melalui darah dalam tubuh sehingga tubuh kita merasa nyaman.*

Heleni Mirana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.