AG3Promosi atau promotion secara bebas dapat didefinisikan sebagai arus informasi atau persuasi yang bersifat satu arah dimana berupaya mengarahkan organisasi atau perseorangan untuk menciptakan ketertarikan sehingga terjadi antusiasme dan transaksi.

Asian games ke-18 (AG18) yang akan dilangsungkan di negeri kita tercinta ini tidak lepas dari promosi. Bayangkan jika AG18 ini tanpa promosi, apa jadinya? Pasti gaungnya nyaris kurang terdengar dan bahkan bisa jadi hambar meski ini adalah event olahraga akbar. Promosi sekelas AG18 bukan saja didalam negeri namun juga diluar negeri.

Beberapa aspek dalam promosi AG18 terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan seperti periklanan, publisitas dan humas. Promosi AG18 dilakukan melalui komunikasi non individu dengan sejumlah biaya seperti iklan melalui media masa elektronik digital dan individu-individu yang membuat banner/spanduk, billboard, poster, screen display dan sebagainya. Periklanan di ‘zaman now’ sering dilakukan melalui dunia digital dimana sesuai dengan teknologi sekarang ini. Namun beberapa cara konvensional masih relevan dilakukan.

Promosi AG18 telah dilakukan secara intensif dan terus-menerus sekian lama dari beberapa waktu lalu. Promosi ini tentunya tidak terpatok pada pelaksanaan AG18 itu saja melainkan juga sebagai ajang lebih mengenalkan potensi negeri ini di luar negeri. Sebagai ajang promosi untuk meningkatkan arus wisatawan dalam dan luar negeri.

Selain istilah promosi kita mengenal juga istilah kampanye atau campaign. Pengertian promosi dan kampanye mirip-mirip saja. Mengingat event akbar yang diadakan setiap empat tahun ini maka beragam jurus jitu kampanye untuk mempromosikan AG18 dilakukan. Salah satunya adalah kampanye billboard dengan para model terkenal yang sedang memakai beberapa busana yang mewakili beberapa budaya di Asia. Melalui kerja sama yang begitu apik, para model dipoles menjadi seorang atlet yang memeragakan alat cabang olahraga dengan background kemolekan alam asli Indonesia.

Promosi dan kampanye menyambut AG18 di beberapa kota besar yang dikunjungi oleh sekolahaja.com yakni Medan, Pekanbaru, Palembang dan Jakarta menunjukkan antusias yang tinggi. Tentunya yang sangat menarik adalah di dua kota penyelenggara yaitu Jakarta dan Palembang.

Di Medan dan Pekanbaru, bandara internasional Kualanamu dan Sulan Syarif Kasim II dihiasi poster dan screen displayer yang menunjukkan rasa bangga menyambut pesta olahraga bangsa-bangsa Asia ke 18.

Di Palembang, mulai dari bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, stadion Jakabaring, sepanjang jalan khususnya yang protokol, perkantoran terutama kantor Gubernur Sumatera Selatan, hingga sekolah dan pondok pesantren menyemarakkan menyambut AG18 dengan beragam alat promosi termasuk umbul-umbul, spanduk, billboard, dan lain-lain.

AG5Pembangunan LRT (light rail transit) Palembang yang menelan biaya sedikitnya Rp. 9,4 trilyun ini tidak dapat dipisahkan dari persiapan pelaksanaan pesta olahraga Asian Games ke-18. Memang LRT Palembang ini guna menunjang transportasi bagi warga Palembang dan sekitarnya namun LRT ini sangat tepat dibangun menjelang AG18 ini.

LRT Palembang menghubungkan bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dengan komplek olahraga Jakabaring. Hal ini akan sangat vital pada pelaksanaan AG18 guna memudahkan mobilitas para penonton dan atlit.

Sarana prasaran LRT Palembang kini berhias fullcolor terkait AG18. Gambar-gambar berbagai cabang olaraga menghiasi sepanjang rute LRT. Palembang meriah menjelang menjadi tuan rumah AG18!

Di Jakarta beberapa instansi pemerintah, BUMN, juga swasta seakan berlomba memberi dukungan terhadap pelaksanaan AG18 ini. Mereka berkampanye mempromosikan event Akbar AG18. Permainan lampu menghiasi gedung-gedung pencakar langit Ibukota, malam pun di langit Jakarta terang benderang seakan menyatu dengan sinar bintang gemintang.

Diantara instansi seperti PT Pertamina (Persero) mendukung penuh penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan membangun salah satu venue berupa sarana untuk bowling di Jakabaring, Palembang.

AG4Masih Jakarta, spanduk atau banner yang menyatakan mendukung untuk menyukseskan Asian Games ke-18 berkibar dan terpasang dimana-mana. Dukungan tidak hanya berdatangan dari instansi pemerintah dan swasta, namun juga dari para warga yang mengatasnamakan kecamatan, kelurahan, warga RW tertentu, sekolah-sekolah, hingga pedagang K5 termasuk warung-warung nasi skala kecil. Lengkap dalam gambar bisa disimak pada video dibagian atas pada halaman ini.

Masih di Jakarta, warna Jakarta akhir-akhir ini berhias dalam penyambutan AG18. Partisi yang memisahkan area konstruksi pembangunan MRT (mass rapid transit) semuanya dihiasi banner ukuran menengah yang bergambar dan beberapa baris kalimat dukungan menyukseskan AG18.

MRT Jakarta ini dibangun oleh beberapa konsorsium dalam beberapa paket pekerjaan. Sejauh pemantauan sekolahaja.com MRT sedang melakukan internal running test untuk kereta dari Depo – Lebakbulus – Cipete. Route test akan bertambah mengikuti kesiapan progress konstruksi dan comissioning yang sekarang sedang dikebut.

AG2Branding Asian Games nampak pada alat transportasi TransJakarta. Hal ini dilakukan pula oleh pihak Pertamina pada mobil-mobil tangki dan SPBU. Jalanan di Ibukota sekarang ini berwarna “18th Asian Games”. Taman-taman kota utamanya di jalan Thamrin, jalan Gatot Subroto, jalan Sudirman, jalan MT Haryono, jalan Rasuna Said dan jalan-jalan seputaran Gelora Bung Karno berhias maskot dan lampu-lampu yang mempromosikan AG18.

Bandara-bandara Palembang dan Jakarta bak pintu utama mempromosikan event empat tahunan ini. Bagian atas loket-loket check-in memperlihatkan angka dan huruf besar mempromosikan AG18. Banner dan billboard segala ukuran saat mulai turun dan memasuki arrival area nampak gambar tiga maskot AG18 dengan tulisan tertentu.

Boneka maskot ukuran besar menghiasi area lalu lalang para penumpang. Tidak sedikit para calon penumpang berfoto disamping atau bersama para maskot Asian Games yang akan digelar dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018 ini.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.