proy konstrSecara umum, ada tiga sektor proyek konstruksi: bangunan (buildings), infrastruktur (infrastructure) dan industri (industry). Contoh proyek konstruksi bangunan adalah proyek perumahan, kantor, sekolah, pasar, hotel, mall, dan lain-lain. Yang termasuk proyek konstruksi infrastruktur antara lain jalan raya, jalan tol, bendungan, jembatan. Sedangkan contoh proyek konstruksi Industri meliputi kilang (refineries), proses kimia (petrochemical), pembangkit listrik (power generation), pabrik-pabrik.

Pada satu proyek konstruksi apalagi dalam skala besar akan memiliki / merekrut / menyerap sumberdaya manusia yang memiliki keahlian beragam dan bersatu dalam organisasi proyek. Pembentukan organisasi pada pelaksanaan proyek sangat diperlukan.

Dalam organisasi proyek konstruksi akan berkumpul para insinyur (engineers & designers), beberapa lulusan fakultas sosial dan mereka yang berlatar belakang medis serta para pekerja atau buruh. Organisasi proyek ini memiliki, biasanya, manajer proyek, dan beberapa manajer seperti konstruksi, QHSE, project control, pengadaan, manajer keuangan dan umum. Disiplin ilmu atau kebidangan dalam proyek konstruksi umumnya terdiri atas disiplin teknik mesin, teknik sipil, teknik elektrikal & instrumen, perpipaan.

Jika berdasarkan keahlian maka proyek konstruksi akan terdiri dari tiga tingkatan tenaga kerja yakni:

  • tak terampil & semi terampil (unskilled & semi-skilled), umumnya disebut sebagai pekerja / buruh.
  • terampil (skilled), buruh yang memiliki keterampilan dan pengalaman tertentu, antara lain tukang batu, tukang kayu, tukang listrik, tukang pipa, tukang las.
  • teknikal & manajemen (technical & management), sering disebut sebagai supervisor, engineer, superintendent, manajer dimana biasanya dengan latar belakang pendidikan sarjana, terlatih dalam perancangan, pengelolaan dan pengawalan proses konstruksi.

konst dataProyek konstruksi di negara kita sangat ramai baik konstruksi bangunan, infrastruktur maupun industri. Industri teramai yaitu petrokimia dan migas (minyak & gas). Secara internasional Indonesia (menurut sumber https://en.wikipedia.org/ konstruksi) di tahun 2012 menduduki urutan 14 dalam pembelanjaan terbesar proyek konstruksi.

Bagi adik-adik pelajar dapat melihat aktifitas proyek konstruksi secara langsung melalui study tour, sedangkan bagi adik-adik mahasiswa terutama yang tingkat akhir dapat bergabung dalam program akademik MAGANG KERJA.

Berikut sepintas video dunia konsttruksi. Selamat menyaksikan dan selamat belajar, cepat lulus, ditunggu di dunia proyek untuk Indonesia!*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.