elizabeth_and_victoria_640x360_bbc_nocreditInggris (England) merupakan sebuah negara dari bagian Britania Raya. Negara ini berbatasan dengan Skotlandia disebelah utara dan Wales disebelah barat, Laut Irlandia di barat laut, Laut Keltik di barat daya, serta Laut Utara disebelah timur dan Selat Inggris, yang memisahkannya dari benua Eropa, disebelah selatan. Negara ini sejak abad ke 9 memiliki sistem pemerintahan monarki namun parlemen yang menjalankannya. Sistem pemerintahan seperti ini di dunia hanya ada di Inggris, dan Ratu Elizabeth II merupakan penguasa kerajaan Inggris terlama dimana beliau masih berkuasa hingga sekarang.

Pada hari Rabu (09/09) sore pukul 17.30 waktu setempat, Ratu Elizabeth II berkuasa selama 63 tahun dan tujuh bulan atau tepatnya 23.226 hari, 16jam, dan 30 menit. Catatan ini melampaui rekor yang dipegang oleh mendiang Ratu Victoria, nenek buyut Ratu Elizabeth II.

Ratu Victoria berkuasa pada 1837, saat dia baru berusia 18 tahun, hingga akhir hayatnya pada 1901. Sejarah mencatat dia menduduki tampuk kekuasaan selama 63 tahun, tujuh bulan, dan dua hari.

Ratu Elizabeth II menjadi penguasa Kerajaan Inggris pada 1952 ketika masih berusia 25 tahun setelah ayahnya, Raja George VI, wafat.

Selama masa kekuasaan Ratu Elizabeth II, Inggris telah diperintah 12 Perdana Menteri. Demikian dikutip dari BBC Indonesia.*

Apa dibalik kekuasaan Sang Ratu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.