shoes1Artikel ini ditujukan bagi pembaca yang perlu mengetahui apa itu safety shoes. Bahasan detail disajikan disini sejauh ‘apa itu safety shoes’. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya.

Artikel terkait safety shoes kami sajikan juga di website ini, antara lain seperti disain & material safety shoes, fungsi dan manfaat safety shoes, peraturan/perundangan dan standar safety shoes, dan rambu-rambu terkait safety shoes.

Istilah lain safety shoes adalah safety boots dan dapat diterjemahkan sebagai ‘sepatu keselamatan’.

Safety shoes pada umumnya dipakai para pekerja di mining, oil & gas, chemical and construction indutries seperti tambang batu bara, pabrik pupuk, pengeboran minyak, dan konstruksi.

Pembaca perlu tahu bahwa sebutan ‘sepatu proyek’ merupakan istilah paling populer bagi para pekerja lapangan untuk menyebut safety shoes. Bahkan istilah sepatu proyek ini lebih familiar dilidah masyarakat kita dari pada ‘sepatu keselamatan’ apalagi safety shoes.

Meski kalah populer dibandingkan istilah ‘sepatu proyek’ namun dalam artikel ini kita akan menggunakan istilah safety shoes saja agar lebih mengena pada topik bahasan.

Sebelum membaca artikel ini lebih jauh, mari kita simak video singkat dibawah ini yang menunjukkan pemakaian sehari-hari safety shoes alias sepatu proyek oleh para pekerja proyek.

Apa itu safety shoes?

Kaki merupakan salah satu anggota badan terpenting bagi kehidupan manusia. Kaki merupakan alat utama untuk memobilisasi bagian tubuh lainnya dari satu tempat ke tempat lain dimanapun manusia itu berada termasuk di tempat kerja.

Setiap kita sebagai orang yang bekerja dengan memiliki tingkatan bahaya dan resiko terhadap keselamatan kaki maka memerlukan bantuan alat pelindung diri (APD) safety shoes.

Jadi dalam konteks ini, safety shoes adalah salah satu APD yang harus digunakan oleh setiap pekerja lapangan dengan tujuan menghindari resiko dari kecelakaan terhadap kaki.

Pemakaian safety shoes yang benar bukan saja menghindari terkena resiko akibat kecelakaan, namun juga membuat pekerja akan dapat lebih leluasa bergerak dan beraktifitas yang pada akhirnya mampu menciptakan efisiensi dalam pencapaian target produktifitas.

Kenapa pemakaian safety shoes dikaitkan dengan efisiensi dan pencapaian target produktifitas? Karena safety shoes berperan mencegah dari cedera kaki yang disebabkan oleh permukaan yang licin (slippery surface), kejatuhan benda berat, ujung-ujung benda tajam (menusuk), terjebak pada titik jepit (terjepit), terjebak pada mesin putar, benda panas, serpihan dan percikan, listrik, bahan kimia dan lain sebagainya. Dengan adanya usaha perlindungan kaki dan pencegahan cedera pada kaki maka kemungkinan terjadinya loss production dapat di minimalisir bahkan dapat dihilangkan.

Di dunia umumnya termasuk di negara kita memiliki peraturan perundangan yang mewajibkan pengusaha untuk memastikan pekerjanya menggunakan safety shoes saat bekerja di area yang memiliki potensi bahaya yang dapat menyebabkan cedera kaki.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.