Rompi1Bisa jadi kita sangat sering melihat baju rompi seperti ini. Mata kita mungkin tak asing lagi dengan baju rompi ini. Ini namanya rompi keselamatan atau dalam English-nya bernama safety vest.

Sesuai dengan namanya, kostum ini digunakan untuk membantu menyelamatkan diri sipemakainya dari hal-hal yang tak kita inginkan seperti benturan dari benda bergerak yang dikendalikan manusia lainnya. Bisa diuraikan dengan bahasa lain safety vest membantu kita agar terhindar dari kecelakaan. Oleh karenanya kostum atau dress uniform ini digolongkan sebagai alat pelindung diri (personal protective equipment).

Pada umumnya pemakai safety vest bekerja di luar ruangan (outdoor). Siapakah yang sering memakai safety vest? Sebut saja polantas, marshall ground atau appron movement control (tukang parkir pesawat), pekerja pertambangan & perminyakan, pekerja jalan raya, signalman, para pekerja proyek pada umumnya, petugas security, dan profesi lain. Silahkan bantu saya profesi apalagi yang selalu menggunakan safety vest saat menjalankan tugasnya. Tukang parkir? Ya, betul sekali!


Tujuannya apa mereka menggunakan safety vest? Supaya mereka mudah terlihat dan terhindar dari kontak benda lain, sehingga mereka sipemakainya terhindar dari benturan akibat gerakan kendaraan yang dikendalikan para operator / pilot / pengendara lainnya. Nah, jadi tujuannya yaitu untuk keselamatan, makanya kostum ini diberi nama rompi keselamatan atau safety vest.

svp1Kenapa seseorang yang menggunakan safety vest menjadi mudah terlihat? Safety vest terbuat dari bahan dan dirancang khusus untuk mudah terlihat siapapun yang memakainya. Safety vest terbuat dari bahan dengan berbagai warna menyala dan dengan bagian tertentu yang kontras dan berbahan memendarkan cahaya (illuminator/reflector).

Umumnya warna safety vest adalah kuning, oranye, hijau daun muda, dan merah atau perpaduannya.  Warna-warna tersebut dapat dilihat dari jarak jauh. Jadi, siapapun orangnya yang memakai safety vest akan mudah terlihat baik saat siang maupun malam hari termasuk saat hujan deras maupun cuaca berkabut.

Bahan safety vest pada umumnya berupa parasit, nylon, drill, net/jaring, polyster, plastic reflector. Harga safety vest bervariasi di pasaran tergantung dari kualitas bahan dan model. Harga berkisar dari 35 ribu hingga ratusan ribu rupiah dengan ukuran/size bervariasi.

Dalam dunia konstruksi sangat dianjurkan setiap orang yang terlibat menggunakan kostum dengan perpaduan bahan pemendar cahaya, salah satunya adalah dengan menggunakan safety vest. Dunia konstruksi dapat terjadi di daratan, pelabuhan, pantai maupun diatas laut lepas. Lihat video berikut untuk contoh pemakaian safety vest dibeberapa workplaces.

Berdasarkan pengamatan di lapangan konstruksi yang saya geluti selama ini, pemakaian safety vest oleh para pekerja konstruksi khususnya para pekerja kasar relative lebih cepat rusak. Hal ini dikarenakan gerakan pekerja yang relative lebih banyak namun juga mereka minim pengetahuan untuk bagaimana merawat safety vest secara benar.

svp4Meskipun pada kebanyakan orang termasuk level supervisor telah memahami betapa pentingnya peran safety vest dalam beraktifitas di lapangan namun mereka sering lalai dalam merawatnya. Merawat safety vest setidaknya selalu dibersihkan secara teratur dan menempatkannya ditempat yang kering setelah pakai.

Sebaiknya tidak mencuci safety vest dengan menggunakan wash machine termasuk proses mengeringkannya, gunakan air hangat sekitar 40 derajat Celcius, tidak menggunakan pemutih, jangan disetrika.

Standar safety vest diatur dalam standar, misalnya di:

  1. Negara Indonesia adalah Undang-undang RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
  2. Negara Indonesia juga ada Permenakertrans RI Nomor Per.08/MEN/VII/2010 tentang Alat Pelindung Diri, dibagian lampiran Fungsi dan Jenis Alat Pelindung Diri, item nomor 7.2.
  3. Area Eropa adalah EN 1150 : 1999, untuk non-profesional (jogging, bersepeda, kegiatan terkait dengan keramaian lalu lintas).
  4. Area Eropa ada juga EN ISO 20471, ketetapan standar persyaratan pakaian berdaya pandang tinggi/jauh untuk profesional di tempat kerja.
  5. Area America adalah The American National Standards Institute (ANSI) 107 – 2004, Standar untuk Pakaian Keselamatan Visibilitas Tinggi.
  6. Area America ada juga ANSI 207-2006, Standar Nasional Amerika untuk Rompi Keselamtan umum / publik dengan visibilitas tinggi.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.