sampah jktKehidupan kita tidak mungkin dapat dipisahkan dengan yang namanya sampah. Tubuh kita setiap hari selalu mengeluarkan sampah. Sampah tubuh kita berupa gas, cair dan padat. Sampah-sampah tubuh kita itu antara lain CO2, gas yang dibuang melalui kentut, keringat, air kencing, dan tinja.

Hal serupa dengan tubuh kita adalah kota dimana kita tinggal. Kota kita pun selalu menghasilkan sampah. Sampah kota kita berupa sampah organik dan anorganik. Setiap kota pada umumnya memiliki tempat pembuangan akhir (TPA) yang letaknya di area kota itu sendiri, berbeda dengan Jakarta. TPA kota Jakarta adalah Bantar Gebang yang berada di kota Bekasi.

Jumlah penduduk Ibukota Jakarta  di tahun 2016 diperkirakan sekitar 12 juta orang (siang hari) dan sekitar 10 juta orang (malam hari). Sekitar 2-3 juta adalah penduduk Jakarta siang hari yang menetap di kota-kota sekitar Jakarta seperti Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi. Nah, penduduk Jakarta baik yang siang maupun malam ini menghasilkan sampah sebanyak 10 ribu ton perhari. Jika kita setarakan ton ke kilogram maka sampah Jakarta tersebut menjadi 10.000.000 Kg!

vid dinamika sampah Jkt

Hal diatas dapat disimpulkan bahwa setiap orang di Jakarta menghasilkan sampah sekitar 1 Kg. Bagaimanakah dengan kota kalian, setiap satu orang menghasilkan sampah berapa kilogram?

Ditahun lalu kajian Universitas Georgia merilis bahwa lautan di Indonesia ialah perairan kedua di dunia yang menyimpan sampah plastik terbanyak. Kajian lain, yang dilakukan lembaga Ocean Conservancy, menemukan bahwa 28% ikan-ikan di Indonesia mengandung plastik. Apalagi salah satu kajian tersebut menyebutkan bahwa jika kita bertolak 50 kilometer lepas pantai Jakarta akan banyak ditemui sampah plastik hingga pantai-pantai di Kepulauan Seribu dan Pulau Tidang.

Sampah adalah masalah setiap kota terutama kota padat penduduk dan kota-kota besar seperti Jakarta, jika tak tepat dalam penanganan akan mendatangkan petaka, misal, banjir!*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.