RSS
Facebook

Satisfy Housekeeping Itu Penting!

hk1Tidak sedikit orang meremehkan kontribusi housekeeping terhadap kelancaran proses ajar mengajar di lingkungan pendidikan atau terhadap produktifitas kerja di lingkungan kerja.

Pada artikel ini lebih cenderung mengangkat housekeeping dari kehidupan dunia proyek konstruksi namun demikian secara substansi sangat relevan dan dapat diterapkan di lingkungan kerja manapun termasuk di lingkungan sekolahan.

Kebanyakan orang melupakan pentingnya housekeeping di tempat kerja karena beberapa hal antara lain:

  • Tekanan mengejar target atau produktifitas yang sangat ketat (conflict of interest).
  • Tingkat pengetahuan dan pengalaman yang rendah (lack of knowledge and experience).
  • Komunikasi program terkait yang buruk (poor communication).
  • Tidak tersedianya peralatan (tools/equipment reasons).
  • Salah mengambil jalan dalam menghemat uang (wrong save money reasons).
  • Sikap yang tidak dapat menerima hal-hal berharga dalam hidupnya (lack of attitude).
  • Malas!

Apa itu housekeeping?

Seacara mudah housekeeping dapat diartikan “kebersihan”. Kegiatannya meliputi membersihkan bangunan yaitu membersihkan dari debu baik di kusen-kusen, dinding dan lantai, membuang sampah, mencuci & menyetrika baju, penataan perabotan, dan lain-lain.

Dalam konteks lingkungan proyek pekerjaan konstruksi, hosuekeeping juga sering diartikan sederhana sebagai “kebersihan”, namun didalamnya antara lain termasuk penataan material terpakai dan tidak terpakai, kelayakan pencahayaan suatu ruangan baik ruang terbuka maupun tertutup, kecukupan ventilasi udara, akses yang tidak jelas atau buruk, pengaturan pedestrian dan lalu-lintas kendaraan terutama alat-alat berat, dan saluran buangan air.

Pada lingkungan proyek pekerjaan konstruksi cenderung menggunakan peralatan yang lebih besar dan lebih kompleks dibandingkan scope rumahan atau sekolahan. Misal, untuk memindahkan dan menyusun struktur baja dengan menggunakan crane (alat angkat). Dimana pelaksanaannya harus sesuai risk asssessment dan work method yang telah disetujui.

Mengapa housekeeping itu penting?

hk2Bagaimanakah suatu area proyek konstruksi yang kondisi housekeeping-nya buruk? Apakah gerangan yang akan terjadi? Bagaimanakah tingkat laju produktifitasnya?

Bisa dengan mudah kita bayangkan, ambil contoh, suatu area proyek konstruksi yang aksesnya tidak jelas, becek dan berlubang, ditambah lagi dimana-mana terdapat galian cukup dalam, lalu-lalang pekerja dan kendaraan berat bercampur baur, kegiatan simultan terjadi dimana-mana, tidak tersedianya area merokok. Nah, gerangan apa yang akan terjadi? Kesemrawutan bukan?!

Kesemrawutan (poor housekeeping) suatu area proyek konstruksi pasti berpotensi menyimpan bahaya. Bahaya yang terus dibiarkan akan berpeluang berubah menjadi resiko secara tiba-tiba. Resiko itu muncul berupa produktifitas terhambat dan sulit mengejar target yang telah ditetapkan dan bahkan dapat terjadinya kecelakaan kerja!

Bukan rahasia lagi recovery terhadap produktifitas yang terpuruk ditambah lagi recovery akibat kecelakaan kerja cukup besar menyedot biaya. Belum lagi lagi pertaruhan company immage. Itulah kenapa housekeeping itu penting!***




Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: